Bupati Lampura Hadiri Musrenbang RPJMD Tahun 2019-2024

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Adanya pandemi Covid-19 yang melanda negeri telah membuat sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2020-2024 menjadi lebih fokus kepada pemulihan kondisi sosial ekonomi. Hal ini turut berpengaruh pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang harus menyesuaikan RPJMN.

Hal itu diungkapkan Bupati Lampung Utara (Lampura) H. Budi Utomo, S.E., M.M., saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Perubahan RPJMD Kabupaten Lampura Tahun 2019-2024 secara virtual dari ruang rapat Bupati, Kamis (16/9).

Bacaan Lainnya

“Sebagaimana yang kita alami bersama bahwa hampir seluruh di wilayah negara kita mengalami perlambatan ekonomi sebagai akibat dari dampak dari Pandemi Covid-19,” kata Bupati.

Menurut Bupati, ada beberapa regulasi yang mendasari Perubahan RPJMD Kabupaten Lampura Tahun 2019-2024 diantaranya, terbitnya Peraturan Presiden No.18/2020 tentang RPJMN 2020-2024. Dimana pada Pasal 2 ayat 3 huruf b yang mengamanatkan RPJM Nasional sebagai bahan penyusunan dan penyesuaian RPJM Daerah dengan memperhatikan tugas dan fungsi Pemda dalam mencapai sasaran nasional yang termuat dalam RPJM Nasional.

Kemudian, diberlakukannya Peraturan Pemerintah No.12/2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah; terbitnya Permendagri No.90/2019 tentang Klasifikasi, Kodefikasi, dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah sebagaimana telah dimutakhirkan dengan Kepmendagri No.050/2020; serta Kebijakan Nasional lainnya karena faktor non bencana alam yaitu pandemi Covid 19.

Karena itu, sambung Bupati, dengan memperhatikan berbagai dasar dan pertimbangan yang mendasarinya tersebut, maka telah dilakukan berbagai tahapan penyusunan perubahan RPJMD Kabupaten Lampura Tahun 2019-2024, sehingga hari ini diselenggarakan Musrenbang Perubahan RPJMD Kabupaten Lampura 2019-2024, yang sebagian dilaksanakan secara virtual.

“Saya berharap dengan telah dilaksanakannya Musrenbang Perubahan RPJMD ini menghasilkan komitmen kita bersama, sebagai landasan untuk percepatan pemulihan ekonomi dan peningkatan kemajuan pembangunan sehingga Kabupaten Lampung Utara dapat senantiasa aman, agamis, maju dan sejahtera. Amin ya Robbal Alamin,” tandas Bupati. (adk/ozy/mlo)


Pos terkait