Bupati Lamtim Buka Pelatihan SAR di Wilayah Perairan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Lampung Timur merupakan kabupaten yang memiliki wilayah perairan. Baik berupa, sungai maupun laut. Sehingga, resiko terjadinya musibah di wilayah perairan sangat tinggi.

Guna mengatasi kemungkinan terjadinya musibah di perairan, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menggelar pelatihan teknis pencarian dan pertolongan atau Search And Rescue (SAR) di permukaan air, Selasa (6/4).

Bacaan Lainnya



Pelatihan yang digelar di Balai Desa Muara Gadingmas Kecamatan Labuhanmaringgai itu dibuka Bupati Lamtim M. Dawam Rahardjo.

Hadir juga pada kesempatan itu, Inspektur Badan Nasional Pencarian Dan Pertolongan, Brigjen TNI Chanlan Adilane.

“Pelatihan ini sangat penting guna meningkatkan kemampuan peserta dan sinergisitas dalam misi kemanusiaan yang mengalami keadaan kedaruratan,” jelas Dawam Rahardjo didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Lamtim Mashur Sampurna Jaya dan para kepala organisasi perangkat daerah.

Dilanjutkan, kegiatan pencarian dan pertolongan merupakan tugas bersama yang harus disadari dari seluruh elemen. Baik itu pemerintah, swasta dan masyarakat.

Karenanya, mengingat begitu besar peran usaha SAR pada musibah di perairan. Maka, dibutuhkan keseriusan dari masing-masing elemen tersebut. 

Menutup sambutannya, Dawam berharap, pelatihan yang diikuti 30 peserta ini dapat menghasilkan output yang memiliki kompetensi nyata. Selain itu, dapat dipertanggungjawabkan, serta semangat kemanusiaan untuk memberikan pelayanan jasa di bidang SAR seoptimal mungkin. (wid/mlo)




Pos terkait