Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani Rutin Turun Lapangan Edukasi Masyarakat Cegah Covid-19

  • Whatsapp
Bunda Dewi terlihat membagikan alat perlindungan diri (APD) berupa masker dan vitamin kepada warga di Pelabuhan Kotaagung.

Medialampung.co.id – Pemkab Tanggamus di bawah kepemimpinan Bupati Tanggamus Hj . Dewi Handajani, S.E, M.M., dan Wakil Bupati Hi. AM. Syafi’i, S.Ag., terus melakukan berbagai upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di kabupaten setempat. 

Segala upaya dilakukan, mulai dari mengedukasi masyarakat, pemberian Alat Perlindungan Diri (APD) bagi petugas medis, pembagian masker kepada masyarakat hingga penyemprotan cairan desinfektan. 

Bacaan Lainnya



Bunda Dewi—sapaan akrab Bupati Hj . Dewi Handajani, secara rutin terjun ke tengah masyarakat untuk memberikan edukasi dan bantuan secara langsung. 

Bahkan dalam beberapa kesempatan, Bunda Dewi memimpin langsung patroli dengan Forkopimda agar masyarakat mematuhi social distancing sesuai instruksi pemerintahan pusat dan Maklumat Kapolri, seperti tidak menggelar hajatan (keramaian) nikahan, khitanan maupun arisan. 

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani bersama Forkopimda Patroli Ke acara pernikahan untuk mengingatkan sohibul hajat agar mematuhi sosial distancing sesuai Maklumat Kapolri.

Tidak berhenti sampai disitu, bupati perempuan pertama di Tanggamus ini juga memerintahkan jajarannya mendirikan Posko Penanggulangan Covid-19 di empat kecamatan yang menjadi perbatasan dengan kabupaten tetangga, yakni di Pugung, Sedayu, Kelumbayan  dan Ulubelu. 

Bukan sebatas langkah pencegahan semata, Bunda Dewi juga memberikan bantuan kepada keluarga Orang Dalam Pemantauan (ODP). Bantuan diberikan lantaran keluarga ODP yang baru pulang dari wilayah DKI Jakarta, Pulau Jawa maupun daerah lainnya harus mengikuti protokol kesehatan, yakni isolasi mandiri selama 14 hari. 

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani saat menyerahkan bantuan sembako bagi keluarga ODP di sejumlah kecamatan.

”Bantuan yang diberikan berupa beras 10 kilogram (Kg), telur dua kg dan mie instan satu dus. Bantuan bahan pangan ini untuk membantu meringankan beban ODP, karena 14 hari tidak boleh ke luar rumah, tentunya berdampak  secara ekonomi, apalagi ketika ODP itu adalah tulang punggung keluarga,” ujar Bunda Dewi saat menyerahkan bantuan di Puskesmas Kotaagung untuk ODP di tiga kecamatan belum lama ini. 

Bunda Dewi juga aktif mengimbau masyarakat untuk selalu memakai masker sesuai anjuran pemerintah. Tentunya itu salah satu langkah pencegahan penularan virus corona sekaligus memutus rantai penularan.

”Warga harus memakai masker saat beraktivitas. Masker bahan kain untuk yang sehat, sedangkan masker medis khusus petugas medis atau orang yang sedang sakit. Perlu diketahui bahwa penggunaan masker kain hanya efektif selama empat jam. Artinya, dalam empat jam sekali harus ganti masker kain,” jelas Bunda Dewi.

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani didampingi Ketua TP PKK Hj. Sri Nilawati dan Ketua DWP Ny. Nuraini Lubis memberikan susu dan multivitamin bagi petugas medis di RSUD Batin Mangunang Kotaagung.

Selain penggunaan masker, ia juga mengimbau masyarakat menjaga jarak, menghindari kerumunan dan tempat keramaian, rajin berolahraga, menerapkan pola perilaku hidup  bersih dan sehat (PHBS) serta selalu mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

“Ingat! mencegah itu lebih baik dari mengobati, Bunda berharap di Tanggamus ini masyarakatnya sehat selalu dan terhindar dari wabah virus corona,” imbuhnya. (adv/ehl/mlo)



Pos terkait