Bupati Tanggamus Launching Penyalaan Perdana Listrik Masuk Pekon

  • Whatsapp
Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani didampingi KKU PLN Persero Distribusi Lampung, Mimin Nilasari , Dandim , Polres ,Camat Launching Penyalaan listrik Perdana di Pekon Margomulyo kecamatan Semaka. - Foto rnn/mlo

Medialampung.co.id – Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani launching penyalaan perdana listrik di Pekon Margomulyo, Kecamatan Semaka, Rabu (16/5).

Bersamaan dengan itu penyalaan perdana listrik juga dilakukan di lima pekon, masing masing Pekon Umbar Kecamatan Kelumbayan, Pekon Way Rilau Kecamatan Cukuh Balak, Pekon Teratas Kecamatan Kotaagung, Pekon Tanjung Agung Kecamatan Pugung, serta Pekon Sanggi Unggak Kecamatan Bandarnegeri Semuong.

Bacaan Lainnya

Bupati dalam sambutannya menyampaikan, dirinya atas nama Pemkab dan juga masyarakat Tanggamus mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi atas pelayanan dan kinerja dari PLN khususnya di Tanggamus.

Dimana melalui program yang salah satunya program listrik masuk desa telah menerangi pekon pekon di kabupaten Tanggamus.

“Beberapa waktu lalu kita telah melakukan kegiatan yang sama di Kecamatan Pematang Sawa, dan pada hari ini di Kecamatan Semaka. Dan kami berharap pada saatnya nanti seluruh pekon-pekon yang saat ini belum teraliri listrik dapat menikmati layanan listrik yang sama seperti di Pekon Margomulyo ini, dan dengan telah dialiri listrik akan menumbuhkan pusat pusat perekonomian, baik sektor UMKM, serta dapat memperlancar pelaksanaan tugas yang ada di pekon,” kata Dewi.

Pemkab Tanggamus lanjutnya, akan siap memberikan dukungan penuh kepada PLN terkait dengan program program yang akan dijalankan. Dalam kesempatan itu juga Bunda Dewi sapaan akrabnya menyampaikan ada beberapa desa di Kecamatan Pematang Sawa yang letaknya di seberang laut juga perlu perhatian yang sama dan ia berharap kedepannya pekon pekon tersebut juga bisa teraliri listrik.

Dimana telah diinformasikan juga kepada kami. Bahwa Kepala Pekon pekon yang belum ada listrik tersebut siap memberikan dukungan, terkait dengan lahan dan lain sebagainya.

“Kami juga memberikan apresiasi kepada Forkopimda, aparat terkait atas terselenggaranya kegiatan pada hari ini,” pungkas Dewi. 

Sementara itu, Senior KKU PT PLN Lampung Mimin Nilasari, menerangkan penyalaan listrik desa tahun ini merupakan progres lanjutan dan komitmen PT PLN Persero Unit Induk Distribusi Lampung dalam upaya menerangi negeri ke seluruh pelosok.

sinergitas dari seluruh stakeholder lanjutnya sangat penting dalam rangka meningkatkan rasio elektrifikasi di Lampung menuju seratus persen.

“Ini kali kedua, sebelumya sekitar sembilan bulan lalu Bupati Tanggamus juga melakukan penyalaan perdana listrik di tiga pekon di Kecamatan Pematang Sawa. Saya meyakini bahwa ini bukanlah akhir tetapi awal untuk melangkah ke depan menjadi lebih baik lagi, PLN berkomitmen penuh terhadap misi utamanya melistriki seluruh Indonesia hingga ke pelosok negeri,” terangnya.

Masih menurutnya, di beberapa wilayah Provinsi Lampung. PLN dihadapkan dengan banyaknya tantangan dalam pembangunan infrastruktur ketenaga listrikan. Oleh karena itu PLN tidak dapat bekerja sendirian dibutuhkan kerjasama dan dukungan dari stakeholder agar tantangan tersebut dapat segera teratasi secara bersama sama. Yang mana saat ini desa yang telah memiliki listrik di Provinsi Lampung telah mencapai 99, 43 persen. 

“Artinya masih tersisa sejumlah desa lagi yang belum teraliri listrik dan sembilan desa diantara ada di Kabupaten Tanggamus, pencapaian kinerja yang telah dicapai oleh PLN Persero Unit Induk Distribusi Lampung menandakan insan insan PLN tetap produktif, bersemangat menerangi negeri walaupun dalam keadaan pandemi. Momentum hari ini merupakan penyalaan dan pengoperasian jaringan listrik desa di Kabupaten Tanggamus untuk enam lokasi tersebar, yakni Pekon Margomulyo, Sanggi Unggak, Pekon Teratas, Pekon Umbar, pekon Way Rilau, dan Tanjung Agung,”paparnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Inf. Arman Aris Sallo, Kapolres Tanggamus AKBP Oni Prasetya diwakili Kasat Intel AKP Samsuri, Senior Manager Perencanaan PLN Lampung Agus Prasetyo, Senior Manager Niaga dan PP Bagus H. Abriyanto, Manager UPT3 Metro Joko Nur Astanto, Manager, UP2K Lampung Badruzzaman, Dan ULP Kotaagung Puji Rahayu, Camat serta Kepala Pekon Margomulyo Tugiono. (ehl/rnn/mlo)




Pos terkait