C6 Tidak Terdistribusikan, Sanksi Pidana Menanti KPPS dan Jajaran

  • Whatsapp
Penurunan APK oleh Panwascam Way Halim - Foto Ist/mlo

Medialampung.co.id – H-2 sebelum pemilihan umum 9 Desember, masih terdapat KPPS yang belum memiliki ketua. Sehingga membuat penyalur C pemberitahuan atau C6 kepada DPT (Daftar Pemilih Tetap).

Itu seperti yang berada di TPS 8 Cengkeh Perumnas Way Halim, hingga saat ini TPS tersebut belum memiliki Ketua KPPS. Hal tersebut diungkapkan Kepala Panwascam Way Halim Andi Ismail Yusuf didampingi anggotanya Samsu Rahman.

Bacaan Lainnya


Dimana penyerahan C6 tersebut dilakukan KPU melalui PPK sejak H-7 sampai H-1 sebelum pencoblosan.

“Ada kendala dalam pendistribusian ini. Karena ada beberapa TPS yang belum memiliki Ketua KPPS. Sebab perlu ada tandatangan Ketua KPPS sebelum disebarkan,” ujarnya saat ditemui di Sekretariat Panwascam Way Halim, Senin (7/12).

Dirinya mengambil Contoh KPPS 8 Perumnas Way Halim belum memiliki Ketua KPPS. Tentunya hal tersebut ada potensi pelanggaran dan pemberian pidana jika C Pemberitahuan tidak disampaikan.

“Jadi ada potensi pelanggaran pidana, kalau sampai besok (Selasa,red) tidak didistribusikan dan sampai mengadukan KPPS dan jajarannya,” terangnya.

Sementara, untuk pendistribusian sendiri Logistik sementara, saat ini telah sampai di Kantor Kecamatan Way Halim dan akan di distribusikan ke Kelurahan pada Selasa (8/12) sekitar pukul 13.00 WIB untuk langsung dibawa ke TPS.

Selain itu dalam menghadapi masa tenang ini Panwascam Way Halim bersama jajaran rutin melakukan patroli Money Politik dan juga penurunan APK. 

“Selain politik uang kita pantau juga intimidasi, kampanye dimasa tenang dan lainnya,” tuturnya.

“Kita melihat penurunan APK, dari 6-8 Desember dengan radius 200 meter dari TPS. Harusnya penurunan APK leding sektornya KPU berdasarkan PKPU No.11/2020, kita hanya mengawasi. Kalau ada penolakan dan tata cara salah baru turun. Ini terjadi malah sebaliknya. Kita yang didepan. Makanya kita tegur PPK-nya,” ucapnya. (pip/mlo)




Pos terkait