Calon Anggota Panwaslu Ikuti Tes Tertulis

  • Whatsapp

Medialmapung.co.id Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melaksanakan tes tertulis (Socrative), kepada calon pengawas Pemilu Kecamatan dalam Pilkada 2020 yang dinyatakan lulus seleksi berkas. Tes tertulis berbasis online itu digelar di MAN 1 Pesbar, Jum’at (13/12).

Ketua Bawaslu Pesbar, Irwansyah, mengatakan tahapan penjaringan hingga seleksi berkas sebelumnya ada 152 calon anggota Panwaslu Kecamatan yang dinyatakan lulus berkas dari seluruh Kecamatan se-Kabupaten setempat. Sehingga 152 peserta itu harus mengikuti tahapan selanjutnya yakni tes tertulis dan tes wawancara.

Bacaan Lainnya



“Dalam pelaksanaan tes tertulis ini kita menggunakan dua ruang kelas di MAN 1 Pesbar, karena kondisi ruang tidak mencukupi maka tes tertulis dibagi menjadi empat sesi,” kata Irwansyah yang juga Kordiv Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDMO) Bawaslu Pesbar.

Dijelaskannya, setiap sesi diisi 40 peserta, kecuali pada sesi terakhir atau sesi ke empat hanya 32 peserta karena menyesuaikan dengan jumlah peserta. Sesuai dengan jadwalnya yakni sesi satu dimulai pukul 08.09-09.39 WIB, sesi dua pukul 10.00-11.30WIB, sesi tiga pukul 13.30-15.00 WIB dan sesi empat pukul 15.30-17.00 WIB.

“Dilaksanakan tes tertulis dengan sistem per-sesi tersebut agar lebih mempermudah dalam memantau peserta tes, sehingga diharapkan tes bisa berjalan dengan tertib,” jelasnya.

Masih kata dia, pelaksanaan tes wawancara ini dilakukan dengan sistem online, dan serentak dilakukan di Kabupaten/Kota lainnya yang akan menyelenggarakan Pilkada 2020. Bawaslu Pesbar tentunya berharap mudah-mudahan kedepan dalam perekrutan Panwaslu Kecamatan ini bisa menghasilkan sumber daya manusia (SDM) pengawas Pemilu di tingkat Kecamatan yang berkualitas.

“Untuk tes tertulis ini hanya dilaksanakan satu hari. Sehingga nanti langsung dilanjutkan untuk pelaksanaan tes wawancara yang juga akan digelar di MAN 1 Pesbar,” ujarnya.

Dikatakannya, sesuai dengan jadwal untuk pelaksanaan tes tertulis dan wawancara yakni mulai Jum’at (13/12) sampai Selasa (17/12) mendatang. Sedangkan untuk tes wawancara tentunya akan dilakukan secara detail kepada semua peserta calon anggota Panwaslu kecamatan itu.

“Tes wawancara merupakan salah satu poin penentu kelulusan bagi para peserta. Karena itu kita harap peserta benar-benar serius dan juga memahami materi terutama yang berkaitan sebagai penyelenggara,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait