Calon Paskibraka Kabupaten Pesbar Mulai Dilatih

  • Whatsapp

Medialampung.co.id — Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) mulai melatih 16 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk petugas pengibaran maupun penurunan bendera merah putih pada upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 pada 17 Agustus 2020 mendatang.

Kepala Dispora Pesbar, Drs.Surizal Zikri, mengatakan dari 16 calon Paskibraka yang mulai dilatih itu hanya akan diambil Sembilan petugas yakni petugas untuk pengibaran dan penurunan bendera merah putih serta petugas cadangan, masing-masing hanya tiga petugas Paskibraka.

Bacaan Lainnya



“Semua calon Paskibraka itu merupakan siswa-siswi dari beberapa sekolah tingkat SMA/SMK sederajat di Kabupaten Pesbar,” katanya, Rabu (12/8).

Dijelaskannya, dalam seleksi sekaligus kegiatan pelatihan calon Paskibraka tingkat Kabupaten Pesbar di tahun 2020 berbeda dengan tahun sebelumnya. Karena di tahun ini pelaksanaan HUT kemerdekaan RI masih di tengah pandemi covid-19, sehingga petugas Paskibraka dibatasi sebagai upaya pencegahan penyebaran covid-19. Karena itu, mulai dari latihan baris-berbaris maupun pembinaan lainnya sampai dengan pelaksanaan upacara HUT Kemerdekaan RI nanti petugas tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Dalam kegiatan pelatihan calon Paskibraka Kabupaten ini juga melibatkan semua pihak terkait baik dari TNI, Polri maupun PPI Kabupaten setempat,” jelasnya.

Sementara itu, Babinsa Koramil 422-02/Pesisir Selatan, Serma Ronal, yang mendapat tugas untuk melatih calon Paskibraka Kabupaten setempat, mengatakan bahwa dalam pelatihan ini pihaknya memberikan berbagai pengarahan kepada seluruh calon Paskibraka.

Latihan itu akan dilaksanakan secara rutin sampai hari pelaksanaan upacara HUT RI ke-75. Karena itu, dengan pelatihan itu diharapkan para siswa dan siswi yang akan bertugas sebagai petugas pengibar bendera pada upacara HUT RI ke-75 akan lebih siap dan baik dalam pelaksanaannya.

“Kita mengajak para calon anggota Paskibraka lebih sungguh-sungguh dalam melaksanakan latihan, tetap semangat serta tanamkan sikap disiplin dalam latihan sehingga akan membawa hasil maksimal,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)



Pos terkait