Camat Bambang Respon Usulan Warga Pekon Sukaraja Terkait Kondisi Jaringan Listrik PLN 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Desakan kepada pihak PLN Persero Lampung Barat (Lambar) agar menata jaringan listrik di Pemangku Margamekar, Pekon Sukaraja, Kecamatan Waytenong.

Menjadi usulan pertama pada Musyawarah Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pekon Tahun Anggaran (TA) 2022. yang dilaksanakan di GSG pekon setempat, Rabu (8/9).

Bacaan Lainnya

Dihadiri Camat Bambang Hermanto, S.Pdi, M.M., bersama jajaran, Pendamping Kecamatan Andi Herawan Saputra, S.Pd., dan pendamping lokal desa. Peratin Sukaraja Guswadi, Ketua LHP Samsul Edwar dan jajaran masing-masing, Bidan Desa, Kepala SD, TK -RA, dan utusan organisasi pekon. 

Kepala Pemangku Margamekar Asnawi, mengharapkan peran serta pemerintah, dalam membantu menyuarakan harapan warga untuk penataan jaringan listrik tersebut. 

Pasalnya, kondisi jaringan listrik di pemukiman itu sangat memprihatinkan dan mengancam keselamatan warga akibat sering terjadi korsleting lantaran kondisi jaringan tidak sepadan dengan jumlah pengguna. 

Disampaikannya pemangku merupakan pemukiman pada penduduk,. Sementara jaringan listrik belum sepenuhnya menyentuh lingkungan. Sehingga dari satu tiang harus mengaliri lebih dari 50 Kilo Watt hour (KWh). 

Dan dampaknya menyebabkan tegangan listrik sangat rendah atau kurang tegangan, kedua kali karena KWh tersambung dari rumah ke rumah hingga 50-an rumah sering terjadi korsleting dengan mengeluarkan api besar  di tiang pembagi.

Karena itu Asmawi meminta kepada Camat Bambang Hermanto dapat menyampaikan apa yang menjadi harapan warga yang sudah lama dinanti-nantikan. “Kami minta kepada PLN tambahan Lima tiang listrik dan trafo penambah daya itu saja,” pintanya.

Harapan itu langsung direspon Bambang, yang menganjurkan pihak pekon membuat proposal dan menyertakan foto-foto pendukung. “Nanti kalau proposal sudah jadi, kita bersama, sampaikan usulan ini langsung ke kantor PLN Cabang Liwa,” tegasnya. 

Sementara dikatakan Peratin Guswadi, kesemrawutan jaringan listrik di pemangku tersebut setiap momen selalu disampaikan. Bahkan telah beberapa kali masuk pemberitaan media massa. Karena itu apa yang diharapkan aparatnya yakni Aspawi mewakili suara masyarakat, dapat direspon pihak PLN. 

“Terimakasih kepada Pak Camat yang akan mendampingi kami dalam menyampaikan proposal ke PLN semoga dengan upaya ini apa yang menjadi harapan kami dapat direalisasikan,” tandasnya.

Sebagai bentuk keseriusan Bambang menjembatani harapan warga, usai menyerap aspirasi terkait keluhan jaringan listrik tersebut. Pihaknya dan rombongan langsung meninjau kondisi jaringan di lokasi. (r1n/mlo)


Pos terkait