Camat Belalau Tinjau Rumah Terdampak Pohon Tumbang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kecamatan Belalau, Kabupaten Lampung Barat melakukan peninjauan rumah terdampak pohon tumbang di Pemangku III Bandarbaru, Pekon Bumiagung kecamatan setempat, Jum’at (3/1).

Seperti diketahui, hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah itu membuat satu pohon tumbang hingga menimpa rumah milik Aswadi tepatnya di bagian dapur dan kamar,  pada Kamis (2/1) sekitar pukul 15:00 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu namun kerugian ditafsir mencapai puluhan juta rupiah.

Bacaan Lainnya



Camat Belalau Sri Handayani, S.H., mengatakan, bencana pohon tumbang itu mengakibatkan kerusakan di sejumlah titik terutama di bagian dapur dan kamar, namun saat ini telah dilakukan upaya perbaikan sementara oleh warga, aparat pekon dan kecamatan.

“Secara lisan sudah kita laporkan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah, laporan tertulis akan kita sampaikan Senin (6/1)  karena kami masih menghimpun besaran kerugian,” terang Sri.

Atas kejadian ini, pihaknya mengimbau masyarakat khususnya yang bermukim di dekat tanaman agar mewaspadai bencana pohon tumbang, dan tidak berlama-lama melakukan aktivitas di lokasi tersebut. Bahkan pihaknya meminta agar warga yang bermukim di sekitar tebing agar waspada dengan rutin mengecek kemungkinan ada potensi-potensi longsor di lingkungan sekitar.

Sementara Peratin Bumiagung, Marwan menerangkan bawa  saat kejadian beruntung para pemilik rumah sedang tidak berada di luar daerah, sehingga rumah dalam keadaan tidak berpenghuni.

“Saat kejadian para pemilik rumah sedang berada Kota Bandarlampung,  kejadian itu terjadi begitu cepat, ditengah guyuran hujan terdengar suara dentuman keras yang terdengar oleh warga sekitar,” imbuhnya.

Sejauh ini, lanjut dia, pihaknya masih menghimpun total kerugian yang di alami korban. Dan mengingat kerusakan yang ditumbulkan cukup berat kerugian yang di alami ditafsir mencapai Rp25 juta.

Sebelumnya, Kabid Kesiapsiagaan dan Penanggulangan Bencana Hidayatullah, S.H., mendampingi Kepala BPBD Drs. Gison Sihite, M.M mengimbau masyarakat agar mewaspadai bencana pohon tumbang di tengah kondisi cuaca saat ini.

“Bukan hanya pohon yang tua, namun juga yang masih rimbun sekalipun bisa saja tumbang kapan saja. Maka kami sampaikan kepada masayarakat agar  berhati-hati dan waspada setiap saat,” ungkap Hidayatulah.

Dia mengatakan bahwa untuk menghadapi musim hujan saat ini, pihaknya telah menyiapkan segala peralatan dan SDM serta bantuan logistik. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak kecamatan agar meningkatkan koordinasi supaya jika sewaktu-waktu terjadi bencana dapat segera melapor. (edi/lus/mlo)



Pos terkait