Camat dan Peratin Turun Hentikan Aktivitas Galian C Gunakan Alat Berat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Camat Sukau Kabupaten Lampung Barat Hadi Susanto, S.Kom, M.Si, didampingi Peratin Buaynyerupa Ahmad Naser beserta jajaran turun lapangan untuk menghentikan aktivitas penambangan pasir (Galian C) di bantaran sungai Warkuk, Pekon Buaynyerupa yang telah meresahkan warga lantaran proses penambangan dilakukan dengan menurunkan satu unit alat berat jenis Excavator, Senin (19/4).

Pada kesempatan itu, Hadi Susanto mengungkapkan, pihaknya bersama pemerintah pekon telah mengambil sikap untuk mencegah kerusakan lingkungan akibat adanya aktivitas galian C yang nekat menggunakan alat berat tersebut.

Bacaan Lainnya

“Pemilik galian C dan operator alat berat sudah kita tegur sekaligus kita buatkan perjanjian tertulis agar tidak melakukan penambangan pasir menggunakan alat berat,” terang Hadi.

Bahkan, lanjutnya untuk memastikan alat berat tersebut tidak lagi beroperasi, pihaknya mengawal proses pengangkutan atau pengembalian alat berat tersebut.

“Proses pemulangan alat berat tadi sudah kami dampingi, karena kita tidak ingin terjadi sesuatu hal tidak diinginkan, karena sebelumnya masyarakat sudah sangat resah atas aktivitas tersebut,” imbuhnya.

Sementara, Peratin Buaynyerupa Ahmad Naser mengatakan, galian C yang beroperasi sejak beberapa tahun lalu itu selama ini hanya menggunakan mesin sedot, namun belakangan pihaknya mendapat laporan dari warga satu unit alat berat telah beroperasi mengeruk pasir di aliran sungai tersebut.  

“Pengerukan pasir menggunakan alat berat itu berpotensi merusak areal persawahan warga dan sebelumnya pihak pengelola sudah kami tegur dan aktivitas pengerukan pasir menggunakan alat berat tersebut sempat terhenti selama empat hari, namun belakangan kami mendapat informasi lagi bahwa alat berat tersebut kembali beroperasi sehingga saat ini juga kita stop dan alat tersebut sudah dipulangkan,” imbuhnya.(edi/mlo)


Pos terkait