Camat Sebut Doorpise di BBGRM Sangat Inovatif

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam upaya membangkitkan kembali semangat Gotong Royong Masyarakat, Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat (Lambar), gelar Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM), dengan pembagian berbagai macam doorprise.

Kegiatan BBGRM akbar (massal), tersebut dilaksanakan secara serentak di empat Pemangku, yaitu Pemangku Talangpanjang I, II, III dan IV, yang dihadiri Camat Gedungsurian Ernawati, S.E., beserta jajaran bersama uspika, Babinsa dan Babin Kantibmas.

Bacaan Lainnya



Dalam BBGRM tersebut warga melakukan pembersihan lingkungan di lingkup pemangku pada empat pemangku tersebut seperti pembersihan siring drainase dan perapihan badan jalan.

Dalam kegiatan tesebut Peratin Buchori, S.P., memberikan arahan bahwa budaya luhur gotong royong itu adalah budaya asli RI yang perlu dirawat dan dipertahankan serta perlu kita tingkatkan. Karena budaya itu yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa lain. “Gotong royong merupakan pekerjaan yang dilaksanakan bersama-sama dan bukan merupakan pekerjaan pribadi kita saja. Justru pada saat kita ikut mengerjakan pekerjaan orang lain itulah makna dari gotong royong akan timbul,” ungkapnya.

Sementara dalam sambutannya, Camat Ernawati mengatakan, gotong royong  adalah langkah dan kegiatan nyata dalam rangka mendukung program bupati ‘Beguai Jejama’ atau bekerja bersama dan sama-sama bekerja. “Kegiatan ini harus dipertahankan dan ditingkatkan mengingat di era sekarang ini jika tidak dipelihara nilai gotong royong lama-kelamaan akan memudar dan kita harus bangga karena gotong royong dan kebersamaan inilah yang membedakan kita dengan negara lain,” ungkapnya.

Menurut Ernawati kegiatan gotong royong dengan memberikan doorprice adalah hal yang inovatif. “Inovasi itu tidak harus berkaitan dengan teknologi, rumit dan mahal. Tetapi inovasi dapat memberikan atau menambahkan hal baru/berbeda utuk memberi nilai lebih. Serta dapat diterapkan oleh banyak kalangan dan dilaksanakan secara keberlanjutan,” tandasnya.

Sebagaimana diketahui dalam BBGRM Pekon Trimulyo tersebut pihak pekon menyediakan dorrprise seperti alat-alat pertanian, sembako dan lain-lain yang diundi dengan menggunakan kupon di akhir acara sebagai penyemangat sekaligus untuk menambah meriahnya kegiatan. (ius/mlo)



Pos terkait