Camat Yones Apresiasi Vaksinasi di Pagardewa Sentuh 83,44 Persen 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sepertinya target Kecamatan Pagardewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) raih capaian vaksinasi covid 19 100 persen bakal terwujud hingga akhir 2021.

Kemungkinan tersebut, dilihat dari capaian yang diraih hingga Sabtu 30 Oktober ini, memberikan vaksinasi kepada 10.373 orang atau 83,4% dari jumlah masyarakat yang layak vaksin secara usia di kecamatan itu.

Bacaan Lainnya

Bahkan untuk Pekon Sukajaya sudah raih 100%, diluar warga yang tidak dapat divaksin akibat penyakit bawaan (komorbid) atau warga yang tidak berdomisili di pekon.

Sabtu (30/10) bertempat di GSG UPT Puskesmas Pagardewa. tim lintas sektoral (linsek) Kecamatan Pagardewa, tergabung dari Camat M. Yones, S.S.T.P, M.H., Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Mediansah, S.K.M, M.Kes., Kapolsek Sekincau Kompol Sukimanto, diwakili Wakapolsek Iptu E. Panjaitan, Danramil 422/05 Belalau Kapten Arm Sahabudin, bersama seluruh peratin Kecamatan Pagardewa.

Melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) dalam rangka percepatan vaksinasi kepada masyarakat untuk membentuk Herd Immunity serta dalam persiapan menuju Transisi Pandemi ke Endemi.

Pada sambutanya M.Yones, sampaikan terimakasih kepada Polri, TNI, pihak Tenaga Kesehatan (Nakes) Puskesmas Pagardewa, para Peratin dan jajaran serta warga masyarakat, yang telah berjuang dan bekerja keras dalam percepatan vaksinasi.

Yones juga berharap atas keinginan semua lini dalam upaya membentuk kekebalan populasi, Covid-19 yang dalam dua tahun ini menghantui keberlangsungan hidup dapat dikendalikan dan menjadi Endemi.

Pihaknya juga menginformasikan di Kecamatan Pagardewa adanya penduduk musiman, karena itu ia menekankan pihak pekon memiliki data otentik agar tidak ada warga yang terselip, baik yang sudah menjalani vaksinasi maupun yang belum.

Ditempat yang sama Ka UPT Puskesmas Pagardewa Mediansah, serbu vaksinasi diupayakan akan terus dilaksanakan, dengan konsep seperti biasa, selain pelayanan di puskesmas, petugas gabungan juga jemput bola yakni berkeliling dari pekon ke pekon. 

“Semua konsef percepatan vaksinasi kita berupaya melaksanakannya, seperti berkeliling ke pekon, yang tujuannya memperpendek rentang kendali warga dalam vaksinasi, dan dalam pendataan identitas lebih akurat dengan pengawasan aparatur pekon,” jelas dia.

Secara rinci Mediansah menyampaikan target sasaran vaksinasi untuk kecamatan itu sebanyak 12.431 sasaran, dan yang sudah tercapai 10.373 sasaran. 

Sedangkan ditegaskan Danramil Belalau Kapten Arm. Sahabudin mengapresiasi tingkat kesadaran warga untuk divaksin. 

“Tingginya kesadaran warga dalam vaksinasi ini, nuga tak lepas dari peran dan rasa tanggung jawab aparat pekon dan petugas terkait lainnya dalam mengedukasi masyarakat manfaat vaksinasi untuk kesehatan,” imbuhnya.

Begitu juga dikemukakan Wakapolsek Iptu E. Panjaitan, gerai vaksin yang dimotori Polri, Polsek Sekincau selalu sesuai target, baik di Kecamatan Pagardewa maupun kecamatan lain wilayah hukum polsek setempat.

“Capaian target ini tentu hasil kerja bersama. Dan kepada warga yang belum divaksin jangan ragu. Dan tidak terpengaruh isu-isu yang tidak benar, atau hoax,” tutup dia. (r1n/mlo)

Pos terkait