Cara Mudah Menguatkan Daya Tahan Tubuh agar Terhindar Virus Corona

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan agar setiap orang meminimalisir paparan langsung dengan orang terinfeksi COVID-19. Selain itu, upaya sederhana pun diimbau untuk dilakukan masyarakat, salah satunya mencuci tangan.

Kementerian Kesehatan pun terus menggalakkan pada masyarakat untuk lebih giat menjalankan praktik gerakan masyarakat hidup sehat atau Germas. Upaya ini dipercaya mampu memperkuat sistem imun yang kuat dan bisa terbebas dari COVID-19.

Bacaan Lainnya


Nah, selain cara-cara tersebut, Anand Ashram Foundation pun memiliki beberapa cara mudah yang bisa dilakukan setiap masyarakat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Beberapa di antaranya sangat mudah dan bahkan sudah jadi kebiasaan kita sehari-hari.

So, berikut penjelasannya agar terhindar dari COVID-19;

Diet vegetarian

COVID-19 termasuk dalam penyakit zoonosis atau penyakit yang ditularkan antara hewan dan manusia, sehingga diet vegetarian dapat membantu mengurangi risiko penularan virus. Meski demikian, sampai sekarang belum diketahui pasti apa sumber utama dari penyebaran virus penyebab COVID-19 ini.

Konsumsi buah

Bersama dengan sayuran, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi buah-buahan utuh. Sebab, buah utuh yang Anda makan menyediakan berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh.

Olahraga teratur

Selain menjaga asupan makanan yang baik, olahraga juga diperlukan untuk memperkuat sistem imun tubuh. Olahraga yang teratur akan meningkatkan imunitas. Disarankan menggunakan masker jika Anda berolahraga di luar ruangan.

Cuci tangan dengan benar dan teratur

Para peneliti dari MIT mengatakan, mencuci tangan dapat membantu meredam pandemi hingga 69%. Ada 7 langkah mencuci tangan yang benar. Semua tahapan hanya dilakukan dalam waktu 20 detik saja, kok.

Paparan sinar matahari

Perlu Anda ketahui, ketika kulit Anda terpapar sinar matahari, ia memproduksi vitamin D dan kolesterol yang membantu agar tulang lebih kuat, tidur lebih nyenyak, dan daya tahan tubuh terjaga dengan baik.

Konsumsi rempah

Ayurveda menyarankan agar Anda rutin mengonsumsi herbal untuk daya tahan tubuh yang baik, seperti misalnya konsumsi kunyit, jahe, sereh, temulawak, dan bawang putih.

Hindari tempat ramai dan kenakan masker

Penyebaran COVID-19 dapat terjadi terutama melalui tetesan pernapasan (misalnya karena batuk atau bersin) yang bisa masuk mendarat di mulut atau hidung orang lain.

Hindari prasmanan atau makanan siap saji

Dalam suasana prasmanan, orang berbicara sambil mengambil makanan. Hal ini berisiko masuknya tetesan air liur orang lain yang mungkin saja dia terinfeksi ke makanan yang dibiarkan terbuka bebas. Karena itu, disarankan juga untuk tidak berbicara saat makan.

Hindari pegangan tangga atau pagar dan sejenisnya

COVID-19 dapat bertahan hingga 9 jam di permukaan logam. Maka dari itu, hindari pegangan tangga jika memungkinkan.

Salam tradisional

Jabat tangan dipercaya bisa menularkan 124 juta koloni bakteri, sedangkan salam tradisional atau ‘Namaste’ tidak mengalami proses penularan tersebut.(okezone/mlo)

 




Pos terkait