Cegah Banjir, Babinsa Komandoi Warga Bersihkan Saluran Drainase

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 422/05 Belalau, Kodim 0422/Lampung Barat melaksanakan gotong royong bersama warga Pekon Sukamakmur, Kecamatan Belalau.

Kali ini, sasarannya adalah membersihkan saluran drainase guna mencegah banjir di wilayah setempat, Minggu (24/1).

Bacaan Lainnya

Kegiatan yang juga diikuti oleh aparat pekon dan puluhan warga itu dilaksanakan secara bahu membahu mengangkat seluruh sampah serta membersihkan tanam tumbuh yang menutupi saluran air.

Babinsa Sertu Sutarto, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bentuk karya bakti yang dilaksanakan bersama warga dan telah menjadi agenda rutin dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan.

“Kita di sini bersama-sama bahu membahu dan bergotong royong untuk kepentingan bersama, ini untuk mencegah terjadinya banjir, apalagi saat ini memasuki musim penghujan,” kata dia.

Ia juga memberikan motivasi kepada warga untuk selalu peduli akan kebersihan lingkungan. Karena, dengan kondisi yang ada selain berpotensi menimbulkan banjir di lingkungan tersebut juga dapat memicu timbulnya berbagai macam penyakit. 

“Kami merasa senang bisa membantu masyarakat karena selain sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, kegiatan ini menjadi sarana menjalin silaturahmi,” imbuhnya.

Sebab, lanjutnya, meski saat ini masyarakat tengah dihadapkan dengan wabah Covid-19, namun semangat gotong royong tidak boleh luntur dan harus terus dilestarikan.

Sementara itu, Peratin Sukamakmur Saukani menyampaikan apresiasi karena apa yang dilakukan para Babinsa sangat positif guna merangkul masyarakat dalam melakukan kegiatan sosial.

“Tentu sangat positif, selain mencegah terjadinya banjir, melalui kegiatan bakti sosial pembersihan saluran drainase kali ini juga dapat menumbuhkan kembali rasa gotong royong masyarakat,” katanya.

Pihaknya juga menyadari, keaktifan babinsa dan Babinkamtibmas selama ini sangat membantu masyarakat, disamping upaya untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) di wilayah setempat.(edi/mlo)




Pos terkait