Cegah Corona, Bandara MTK Terapkan Standar Protokol Kemenhub

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Merebaknya isu virus corona di wilayah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) sejak beberapa hari terakhir, Bandara Muhammad Taufik Kiemas mulai menerapkan standar protokol pencegahan virus corona.

Kepala Bandara M. Taufik Kiemas, Novrizal, mengatakan dalam menerapkan protokol pencegahan penularan virus corona itu, pihaknya mulai menjaga kebersihan lingkungan, seperti lantai bandara, pegangan tangga atau kursi, pegangan pintu, metal detector, kaca etalase, dan fasilitas umum lainnya menggunakan desinfektan.

Bacaan Lainnya



Kami juga menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, menyediakan hand sanitizer, melakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermo gun di pintu masuk, kata dia.

Dijelaskannya, meski isu virus corona sudah sampai ke Kabupaten Pesbar, tapi penerbangan di Bandara M. Taufik Kiemas sesuai jadwal yang telah ditentukan, setiap Senin, Rabu dan Jumat.

Petugas bandara juga menggunakan perlengkapan standar pencegahan corona, seperti menggunakan masker dan menggunakan sarung tangan, serta rutin melakukan pembersihan area bandara dua kali dalam sehari, jelasnya.

Menurutnya, selain pengguna jasa bandara yang dilakukan pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermogun, petugas bandara juga diperiksa setiap pagi sebelum memulai aktivitas di bandara.

Di dalam terminal check in, kita menerapkan batas jarak aman antara calon penumpang, dimana satu meter, hal itu juga untuk mencegah penularan virus corona, terangnya.

Sementara itu, terkait jumlah penumpang yang menggunakan sarana transportasi udara di Bandara M. Taufik Kiemas hingga kini belum ada perubahan, dimana setiap penerbangan penumpang yang berangkat berkisar antara 40 sampai 50 orang.

Dalam memaksimalkan pencegahan penularan virus corona ini, kita memaksimalkan pemeriksaan suhu tubuh penumpang dan juga menerapkan pencegahan sesuai instruksi Kementerian Perhubungan, tandasnya. (ygi/d1n/mlo)



Pos terkait