Cegah Covid-19, Partinia Bagikan Masker ke Pedagang dan Pengunjung Pasar

  • Whatsapp
foto lusi/mlo

Medialampung.co.id – Untuk keempat kalinya Tim Gerakan Literasi  Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Barat membagikan masker kepada masyarakat. Kali ini jumlah yang dibagikan sebanyak 650 masker  kepada pedagang dan pengunjung Pasar Sekincau, Kecamatan Sekincau, Rabu (15/4). Sedangkan untuk pelaksanaan sebelumnya, di Pasar Pura Jaya Kecamatan Kebun Tebu (5/4), Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit (7/4), dan Pasar Buay Betanding Kecamatan Sukau (13/4). 

Ketua Tim GLD Kabupaten Lampung Barat, Partinia, S.Pd, M.M mengakui bahwa pembagian masker ini dilakukan untuk mengedukasi  dan meliterasi masyarakat bahwa betapa pentingnya penggunaan masker pada saat sekarang. Banyak pengunjung pasar yang tidak memakai masker ketika berbelanja ke pasar. Padahal pemakaian masker ini penting untuk menghindari terpaparnya seseorang dari virus corona yang saat ini sedang mewabah. 

Bacaan Lainnya



“Semua ini berguna bagi kita semua, agar tidak terpapar oleh virus Covid-19, sehingga dengan demikian dapat memutus mata rantai penyebaran virus tersebut,” ucapnya. 

Menurut Partinia, kegiatan ini dilakukan dalam rangka mendukung program “Masker Untuk Semua” yang dicanang oleh Pemerintah RI pada 5 April 2020 yang lalu. Hal  ini juga merujuk pada anjuran Organisasi Kesehatan Dunia/World Health Organisation (WHO), semua orang wajib memakai masker ketika berada di luar rumah.. Lalu juga untuk mendukung program “Gemar PM” (Gerakan Masyarakat Pakai Masker) yang dicanangkan oleh Bupati Lampung Barat, Parosil Mabsus (8/4-2020). “Semua  ini dilakukan dalam rangka percepatan program pencegahan dan penanganan Covid 19 di Kabupaten Lampung Barat.,” ungkap dia.

Dilain pihak, Sekretaris Tim GLD Kabupaten Lampung Barat, Drs. Sandarsyah mengatakan bagi  siswa didik baik itu tingkat SD, SMP, maupun SMA/sederajat yang saat ini kegiatan sekolahnya diliburkan, hendaknya diisi hari liburnya dengan belajar di rumah. Sebaiknya gunakan waktu luang hari libur ini dengan berdiam diri di rumah, kembangkanlah minat baca dan menulis kalian. Lakukanlah kegiatan literasi dengan  sebaik-baiknya di masa libur ini. 

“Untuk para orang tua yang saat ini mengalami sistem kerja Work From Home (WFH) atau bekerja dari rumah ini adalah suatu kesempatan baik untuk mengembangkan minat baca putra-putrinya di rumah,” ungkap Sandarsyah.

Dengan sistem kerja WFH akan tercipta suasana Work Life Balance yaitu keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan bekerja dari rumah, para orang tua bisa lebih dekat dengan keluarga dan lingkungan sekitarnya, sehingga life balance/keseimbangan hidup terpenuhi. Orang tua dapat mempunyai waktu yang luang untuk mendorong putra-putrinya gemar membaca. Orang tua mempunyai waktu luang untuk membaca buku-buku yang ada di rumah, sehingga dapat menjadi contoh yang inspiratif bagi anak-anaknya,” pungkas Sandarsyah.

Sekedar diketahui, pembagian masker secara gratis ini dilakukan langsung oleh Ketua Tim GLD Kabupaten Lampung Barat, Partinia, S.Pd  MM didampingi Ketua Bidang Pelembagaan dan Pembudayaan Tim GLD, Eva Oktarina, S.Pd,M.M, beserta jajaran pengurus Tim GLD Kabupaten Lampung Barat lainnya. Jumlah masker yang dibagikan kali ini berjumlah 650 lembar. Hadir pada kegiatan tersebut, Camat Sekincau Agus Setiawan, SE, Korwil Pendidikan Kecamatan Sekincau Marwiyah, S.Pd, Lurah Sekincau Juarsah, S.E, Ketua Tim GLD Kecamatan Sekincau Anita Agustina, S.E beserta jajaran pengurus lainnya. (lusi/mlo)



Pos terkait