Cegah Covid-19, Pekon Siapkan Fasilitas Cuci Tangan Diruang Publik

  • Whatsapp
foto edi/mlo

Medialampung.co.id – Pemerintah Pekon Kenali, Kecamatan Belalau kabupaten Lampung Barat, menyiapkan sejumlah fasilitas tempat cuci tangan di sejumlah ruang publik untuk memberikan perlindungan secara maksimal kepada masyarakat guna menangkal wabah Corona Virus Disease (Covid-19).

Tak tanggung-tanggung, fasilitas cuci tangan yang disediakan tersebut menggunakan drum yang ditempatkan di enam titik mulai dari balai pekon. Area pasar, dan jalur pertigaan. 

Bacaan Lainnya



Peratin Kenali Rustam mengatakan, Tim tanggap penanggulangan Covid -19 melakukan gotong royong bersama aparat pekon  dan pemadam kebakaran selain melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui pemasangan baliho juga diiringi dengan penempatan fasilitas cuci tangan di sejumlah titik strategis. Hal tersebut tidak terlepas dari instruksi Bupati Lambar Hi Parosil Mabsus. 

“Dalam waktu dekat akan ada penambahan fasilitas lagi supaya lebih maksimal, untuk hari ini kami menyiapkan enam unit drum yang sudah kami tempatkan di beberapa titik ruang publik. Penyediaan fasilitas cuci tangan ini, juga sudah ditindaklanjuti para warga yang memiliki kegiatan usaha  guna memberikan rasa nyaman bagi masyarakat,”terang Rustam.

Menurutnya, pihaknya memilih memberikan fasilitas cuci tangan, karena dari hasil imbauan yang disampaikan pemerintah bahwa mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun lebih efektif membunuh kuman dibandingkan dengan Hand Sanitizer. Karena itu pihaknya lebih memilih untuk memperbanyak fasilitas cuci tangan.

“Ini juga merupakan bagian tanggung jawab Pemerintah untuk melindungi masyarakat dari ancaman Virus Corona yang sangat mengkhawatirkan. Dengan rutin mencuci tangan kita dapat meminimalisir ataupun terhindar dari berbagai bentuk bakteri terlebih Virus tersebut. Sehingga dengan adanya tempat cuci tangan ini ketika kita beraktivitas tentu dapat dimanfaatkan untuk membersihkan tangan,”imbuhnya.

Selain itu, Rustam pun mengimbau agar masyarakat bersama menjaga dan memelihara fasilitas tempat cuci tangan yang sudah diupayakan pemerintah pekon karena itu semua dibuat untuk masyarakat. Lebih dari itu kepada seluruh warga kenali ia berharap untuk terus menjaga lingkungan agar tetap bersih.

“Sehingga dengan lingkungan yang bersih, kesehatan kita tetap terjaga dan dengan tubuh yang sehat tentu akan meminimalisir serangan Virus Corona,” tandas rustam. (edi/mlo)



Pos terkait