Cegah Covid-19, Tim Gabungan Gelar Operasi Disiplin Prokes di Kecamatan Sekampung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Berbagai upaya terus dilakukan satuan tugas (Satgas) penanganan covid-19 Kabupaten Lampung Timur guna mencegah penyebaran virus yang terus meningkat tersebut.

Sebagaimana dilaksanakan Satgas penanganan Covid-19 Kecamatan Sekampung melalui operasi pendisiplinan protokol kesehatan (prokes), Rabu (7/7). 

Bacaan Lainnya

Operasi pendisiplinan prokes yang melibatkan personil gabungan TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja dan personil Badan Penanggulangan Bencana Daerah itu menyasar pasar Sekampung.  

Pada operasi tersebut, personil gabungan masih mendapati masyarakat yang tidak mengenakan masker. Selain memberikan himbauan agar masyarakat mematuhi prokes, personil gabungan membagikan masker kepada masyarakat. 

Kapolsek Sekampung AKP Muliawati NK mengatakan, selama 2 pekan terakhir ini tercatat ada 5  warga Kecamatan Sekampung yang meninggal dunia akibat terpapar Covid-19.

“Karenanya, melalui operasi itu diharapkan penyebaran Covid-19 di Kecamatan Sekampung dapat dicegah,” harapnya didampingi Danramil Sekampung Kapten Damiri dan Camat setempat Edi Susilo.

Di hari yang sama upaya pencegahan penyebaran Covid-19 juga dilaksanakan jajaran Forkopimcam Batanghari Nuban melalui sosialisasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat berbasis mikro (PPKM). 

Melalui sosialisasi tersebut, Camat Batanghari Nuban M.Soim menghimbau agar pos PPKM di tingkat desa kembali diaktifkan kembali. Selain itu, M.Soim juga mensosialisasikan rencana penghentian izin hajatan per tanggal 14 Juli 2021 mendatang.  

“Per Tanggal 14 juli 2021 tidak diperbolehkan lagi hajatan, jika masih ada yang akan melaksanakan diatas Tanggal 14 akan ditarik kembali,” kata M.Soim pada acara yang dihadiri Babinsa Koramil Sukadana Serda Rahmad, personil Polsek Batanghari Nuban Bripka Nopriadi dan para kepala desa. 

Diketahui, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Lamtim saat ini total warga yang terkonfirmasi Covid-19 mencapai 2.349 atau tambah 80 kasus baru dibanding sehari sebelumnya. Kasus baru itu tersebar di 13 kecamatan. Masing-masing, 27 warga Kecamatan Sekampung Udik, 11 Sekampung, 10 Bandar Sribowono, 6 Batanghari Nuban, 5 Pasir Sakti, 5 Labuhan Ratu, 4 Jabung, 3 Batanghari, 3 Sukadana dan 2 Labuhan Maringgai. Kemudian, masing-masing 1 dari Kecamatan Mataram Baru, Melinting dan Gunung Pelindung.

Dari 2.349 yang terkonfirmasi, 1.648 di antaranya telah sembuh dan selesai menjalani isolasi atau tambah 6 dibanding sehari sebelumnya. Sedangkan, yang meninggal dunia 157 atau ditambah 5 dibanding sehari sebelumnya. (wid/mlo)


Pos terkait