Cegah Covid-19, Tim GLD Lambar Bagikan 700 Masker

  • Whatsapp
Tampak Ketua Tim GLD Kabupaten Lambar Partinia Parosil Mabsus Membagikan Masker kepada Pedagang di Pasar Liwa, Kecamatan Balikbukit, Selasa (7/4). foto lusi/mlo

Medialampung.co.id – Untuk kedua kalinya Tim Gerakan Literasi  Daerah (GLD) Kabupaten Lampung Barat membagikan masker kepada masyarakat. Kali ini yang dibagi adalah para pedagang dan pengunjung Pasar Liwa, Kecamatan Balik Bukit serta warga Pekon Sukarami, Selasa  (7/4). Sedangkan untuk Pasar Pura Jaya Kecamatan Kebun Tebu telah dilaksanakan Minggu (5/4) lalu. 

Pembagian masker secara gratis ini langsung dilakukan oleh Ketua Tim GLD Kabupaten Lampung Barat, Partinia, S.Pd  M.M didampingi Ketua Bidang Pelembagaan dan Pembudayaan Tim GLD yang juga Lurah Pasar Liwa, Eva Oktarina, S.Pd M.M, beserta jajaran Tim GLD Kecamatan Balik Bukit.

Bacaan Lainnya



Hadir pada kegiatan tersebut, Camat Balik Bukit Drs. Akmal Hakim, Kapolsek Balik Bukit Iptu Syamsul Bahri, S.I.P, Kepala Puskesmas Liwa Herjunadi, S.Kep, Kabid Trantib Sat. Pol PP Sukardi,S.H, Babinsa Kelurahan Pasar Liwa Serma Suherno, dan Bhabinkamtibmas Brigpol Fiqri Leonardo. 

“Kegiatan pembagian masker ini merupakan kedua kalinya, sebelumnya kegiatan serupa juga kita laksanakan di Kecamatan Kebuntebu, dan hari ini (kemarin, Red) kita bagi-bagi masker di Pasar Liwa dan Pekon Sukarami sebanyak 700 masker,” ungkap Partinia, Selasa (7/4).

Partinia mengatakan bahwa pembagian masker ini dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa betapa pentingnya penggunaan masker pada saat sekarang. Banyak pengunjung pasar yang tidak memakai masker ketika berbelanja ke pasar. Padahal pemakaian masker ini penting untuk menghindari terpaparnya seseorang dari virus corona yang saat ini sedang mewabah. 

“Pemakaian masker ini juga merupakan salah satu bentuk perilaku hidup bersih dan sehat yang harus dilakukan oleh seseorang baik orang yang sedang batuk maupun sehat. Orang yang batuk atau flu hendaknya dia menggunakan masker, sehingga tidak menularkan kepada yang lain. Begitu pula yang sehat, dengan menggunakan masker diharapkan dia tidak tertular dengan orang sedang mengalami batuk/flu. Sehingga baik yang sehat maupun yang sedang batuk/flu sebaiknya memakai masker kain,” ujar Makcik–saapan Partinia

Begitu pula akan halnya fasilitas umum kantor, BUMN, BUMD, Bank, Koperasi, toko, rumah makan, warung, masjid dan sebagainya hendaknya menyiapkan fasilitas cuci tangan pakai sabun dengan kondisi air mengalir.  

“Semua ini berguna bagi kita semua, agar tidak terpapar oleh virus Covid 19, sehingga dengan demikian dapat memutus mata rantai penyebaran virus tersebut. Kami tim GLD memilih membagi-bagikan masker di pasar karena orang orang di pasar banyak tidak menggunakan masker sehingga rentan terkena virus,” ujar Makcik seraya menambahkan, pihaknya juga berencana akan membagi-bagikan masker di empat kecamatan yaitu Kecamatan Sekincau, Kecamatan Waytenong, Kecamatan Sukau dan Kecamatan Airhitam.

Disisi lain Sekretaris Tim GLD Kabupaten Lampung Barat, Drs. Sandarsyah mengatakan bagi  siswa didik baik itu tingkat SD, SMP, maupun SMA/sederajat yang saat ini kegiatan sekolahnya diliburkan, hendaknya diisi hari liburnya dengan belajar di rumah. Sebaiknya gunakan waktu luang hari libur ini dengan berdiam diri di rumah, kembangkanlah minat baca dan menulis kalian. “Lakukanlah kegiatan literasi dengan  sebaik-baiknya di hari libur ini,” harapnya. (lusi/mlo)



Pos terkait