Cegah DBD, Tim Lakukan Fogging di Lingkungan Serdang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim yang terdiri dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lambar, Puskesmas Liwa, Unit Kesehatan (Unkes) dan Satbinmas Polres Lambar serta Kodim 0422 LB mengadakan Fogging (Pengasapan) sekaligus pembagian bubuk abate kepada masyarakat di Lingkungan Serdang Kelurahan Waymengaku Kecamatan Balikbukit, Senin (3/2).

Fogging dilakukan setelah ada laporan mengenai adanya warga setempat yang terkena penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sehingga untuk mengantispasi penularan oleh nyamuk maka dilaksanakan Fogging.

Bacaan Lainnya



“Fogging yang kita laksanakan hari ini untuk pengendalian DBD di Kecamatan Balikbukit. Kegiatan ini dilatarbelakangi adanya laporan bahwa ada warga Simpangserdang yang terkena DBD,” kata Kepala UPT PRI Liwa Harjunadi, Senin (3/2)

Dijelaskannya, Fogging dilaksanakan pada 10 rumah hingga 15 rumah yang letaknya berada di sekitar rumah warga yang terkena DBD dan Fogging dilaksanakan hari ini untuk membunuh nyamuk dewasa, kemudian dihari ketujuh pihaknya akan kembali melaksanakan Fogging guna membunuh larva nyamuk yang menetas. “Jadi untuk kegiatan Fogging ini akan kita laksanakan dua kali,” ucapnya.

Terkait DBD ini, pihaknya menghimbau kepada masyarakat khususnya Kecamatan Balikbukit untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN)  karena pihak puskesmas dan Dinas Kesehatan tidak bisa memberantas DBD tanpa adanya partisipasi dari masyarakat.

“Selain melakukan PSM, kita juga berharap kepada masyarakat untuk melakukan gerakan 3M Plus supaya nyamuk tidak berkembang biak,” pungkas dia.

Sekadar diketahui, berdasarkan data dari Dinas Kesehatan selama tahun 2019 terdapat 95 warga yang terkena DBD dan selama bulan Januari terdapat 12 warga. (lus/mlo)



Pos terkait