Cegah Penyebaran Covid-19, Dispusip Luncurkan e-Book Perpustakan Digital

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Lambar Drs. Saripan Halim

Medialampung.co.id – Demi meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan penyebaran virus corona disease (Covid-19) serta meningkatkan minat baca masyarakat, Pemkab Lambar melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) meluncurkan program e-Book Perpustakaan Digital

Sebelumnya Dispusip dan jajaran juga telah perketat pengawasan terhadap seluruh pegawai maupun pengunjung yang akan masuk ke gedung perpustakaan daerah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Setiap orang yang masuk gedung wajib menggunakan masker dan mencuci tangan, dan menggunakan Hand Sanitizer yang telah disiapkan oleh Dispusip.

“Rencananya program e-Book perpustakaan digital ini akan dilauching oleh bapak bupati pada hari ulang tahun (HUT) Kabupaten Lambar ke-29 pada tanggal 24 September mendatang,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Drs. Saripan Halim, Selasa (15/9)

Saripan menjelaskan, pemerintah pusat sejak tahun 2018 lalu telah menginstruksikan seluruh kabupaten/kota dan provinsi untuk melaksanakan pelayanan perpustakaan digital namun untuk Kabupaten Lambar baru bisa dilaksanakan tahun ini, itu mengingat anggaran baru tersedia tahun ini.

“Setiap tiap orang bisa mengakses buku-buku di Dinas Perpustakan dan Kearsipan Kabupaten Lambar melalui aplikasi digital ePusda Kab Lampung Barat.  Jumlah eksemplar buku elektronik yang dapat diunduh dari aplikasi tersebut sebanyak 1.848 eksemplar yang terdiri dari buku pelajaran anak-anak, buku cerita dan buku pengetahuan umum lainnya,” ucapnya

Kata dia, jika masyarakat ingin membaca buku melalui aplikasi digital caranya sangat mudah yaitu download ePusda Kab Lampung Barat di Play Store, registrasi (buat akun dengan memasukan nama, email dan lain-lain) kemudian baca buku buku yang diinginkan masyarakat.

“Jadi, masyarakat tetap bisa membaca di rumah meski saat ini terjadi pandemi Covid-19,” kata dia

Seraya menambahkan, dengan adanya program e-Book perpustakaan digital ini diharapkan semakin memudahkan masyarakat dalam membaca buku karena aplikasi ini mempunyai berbagai keunggulan. Salah satunya, dapat membaca buku dimana saja, kapan saja, dan tanpa harus memikirkan kapan harus mengembalikan buku yang sudah dibaca. (lus/mlo)



Pos terkait