Cek Fisik Dana Desa, Tim Inspektorat Turun Lapangan 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Inspektorat Kabupaten Lampung Barat turun kelapangan untuk melakukan pemeriksaan terkait pelaksanaan fisik program Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Pekon (ADP) tahun anggaran 2020 di 10 pekon di Kecamatan Batuketulis. 

kegiatan tersebut meliputi pemeriksaan dokumen secara terperinci. Usai pengecekan secara administrasi, dilanjutkan pengecekan fisik di lapangan untuk mendapatkan kesesuaian dari rencana anggaran biaya (RAab) yang telah dicanangkan.

Bacaan Lainnya


Sekretaris Inspektorat Lambar Mat Sukri S.Sos, M.H, mendampingi Inspektur Drs. Nukman, M.M, mengatakan kegiatan itu diawali dengan rapat koordinasi kepada seluruh aparatur pemerintahan pekon di kantor kecamatan setempat. Selanjutnya, tim turun kelapangan untuk melakukan pemeriksaan fisik di masing-masing pekon.

“DD maupun ADP tahap dua telah diserap hampir di seluruh pekon dan mereka telah menyampaikan laporan realisasi sehingga sebagai tindaklanjut kita turun untuk mengecek kondisi di lapangan,” jelasnya.

Selain itu, dalam pemeriksaan tersebut pihaknya juga melakukan evaluasi terhadap sejumlah program di bidang lainnya baik pemberdayaan, pemerintahan termasuk BUMP guna mengetahui sejauh mana capaian serapan dana desa di setiap termasuk memberikan pembinaan apa persoalan yang dihadapi dilapangan.

“Sistem pengawasan DD  ini sangat ketat dan bukan hanya dari unsur pemerintah saja, namun seluruh masyarakat juga mengawasi. Untuk itu kami mengimbau pekon agar bijak dalam mengelola keuangan tersebut, jangan sampai terjadi penyalahgunaan anggaran yang dapat mengakibatkan peratin tersandung masalah hukum nantinya,” pesannya. 

Sementara, Camat Batuketulis Sutian, S.Pd, M.M, mengatakan, terkait pengecekan realisasi fisik dana desa tersebut, ia mengimbau pemerintah pekon agar menyiapkan kelengkapan adminitrasi dan memastikan seluruh kegiatan fisik telah terlaksana sesuai dengan laporan realisasi.

“Pemeriksaan ini tentunya untuk mewujudkan tata kelola keuangan yang baik dan memastikan realisasi fisik sesuai dengan RAB, kita berharap seluruh aparatur pemerintahan pekon dapat mengikuti evaluasi dan arahan yang diberikan oleh tim,” imbuhnya.(edi/mlo)




Pos terkait