Chrisna : Peran Masyarakat Dibutuhkan dalam Pengembangkan Kemitraan Pariwisata

Medialampung.co.id – Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) menggelar kegiatan peningkatan peran serta masyarakat dalam pengembangan kemitraan pariwisata tahun 2020 yang dipusatkan di pantai Siging Kecamatan Ngaras, Selasa (20/10).

Hadir dalam kesempatan itu, Pejabat sementara (Pjs) Bupati Pesbar, Ir. Achmad Chrisna Putra, M.E.P., Kadispar setempat, Drs. Gunawan, M.Si., unsur Forkopimda serta para tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya


Dalam kesempatan itu, Chrisna—sapaan Achmad Chrisna Putra, mengatakan sebagai upaya mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan, pariwisata merupakan salah satu sektor utama ekonomi nasional. Selain itu, pariwisata juga memiliki peranan penting dalam pembangunan fisik dari aspek ekonomi, sosial dan budaya.

“Melalui pembangunan sektor pariwisata masyarakat lokal dapat terbantu secara langsung maupun tidak langsung dalam taraf perekonomiannya,” kata Chrisna.

Ditambahkannya, begitu juga dengan dunia usaha yang akan semakin menggeliat dengan banyaknya wisatawan yang datang. Untuk itu, dalam rangka menciptakan suasana pembangunan pariwisata yang kondusif dibutuhkan kesinergian antara aktor sosial dalam hal ini masyarakat, Pemerintah dan swasta, dengan fungsi dan peran masing-masing.

“Semua aktor sosial tersebut harus berjalan bersama untuk mencapai sinergitas pembangunan pariwisata yang lebih optimal khususnya di Kabupaten Pesbar ini,” jelasnya.

Masih kata Chrisna, pariwisata merupakan industri yang kelangsungan hidupnya sangat ditentukan oleh baik buruknya lingkungan. Karena tanpa lingkungan yang baik, pariwisata tidak mungkin berkembang dengan baik. Sehingga pengembangan pariwisata sudah seharusnya memperhatikan terjaganya mutu lingkungan, sebab dalam industri pariwisata lingkungan itulah yang dijual.

Untuk itu, melalui kegiatan bersih-bersih pantai yang dilaksanakan oleh Dispar seperti di pantai Siging ini merupakan salah satu upaya menciptakan sinergitas peran serta dalam pengembangan kemitraan pariwisata. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat mewujudkan Pesbar sebagai daerah tujuan wisata yang bersih, indah dan nyaman, serta untuk mewujudkan misi pembangunan kebudayaan dan kepariwisataan Kabupaten Pesbar.

“Terutama dalam meningkatkan peran serta antara aktor sosial agar terciptanya kebersamaan dalam melakukan gerakan pembangunan dan kerjasama yang sinergis, strategis dan harmonis,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait