Chrisna Presentasikan Inovasi “SIKAMDO” Jadi Unggulan Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pejabat Sementara (Pjs) Buapti Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) Ir.Achmad Chrisna Putra, M.E.P., memaparkan program unggulan inovasi daerah sebagai daerah tertinggal terinovatif pada presentasi kepala daerah dalam penilaian dan pemberian penghargaan/insentif Innovative Government Award (IGA) 2020, yang digelar oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia (Kemendagri RI), Kamis (5/11).

Kegiatan presentasi melalui video conference (vicon) yang dipusatkan di ruang Batu Ghughi Setdakab Pesbar itu juga dihadiri Sekretaris Daerah Ir.N.Lingga Kusuma, M.P., kepala Bappeda Drs. Zukri Amin, M.P., Plt. Kadis Kominfo Drs. Miswandi Hasan, M.Si., Kadiskes Tedi Zadmiko, S.Km, M.M., serta Kepala DPMPTSP Drs. Jon Edwar, M.Pd., dan sejumlah perwakilan OPD di lingkungan Pemkab setempat.

Bacaan Lainnya

Dalam kesempatan itu, Chrisna—sapaan Achmad Chrisna Putra, menyampaikan bahwa inovasi merupakan pembaruan terhadap berbagai sumber daya sehingga sumber daya tersebut mempunyai manfaat yang lebih bagi manusia. Proses inovasi sangat dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan karena kedua hal tersebut dapat memudahkan dalam memproduksi sesuatu yang baru dan berbeda.

Karena itu, kata Chrisna, dalam penilaian dan pemberian penghargaan IGA 2020 oleh Kemendagri ini merupakan peluang bagi Kabupaten Pesbar, sehingga dalam kesempatan ini Pemkab Pesbar mengusung dan mempresentasikan inovasi unggulan salah satu yakni inovasi penciptaan aplikasi SIKAMDO. Saat ini, Pemkab Pesbar telah melakukan sosialisasi terhadap pers/media, serta menerapkan kebijakan kerjasama hanya bagi media yang telah terdaftar dan terverifikasi melalui aplikasi SIKAMDO.

“Menjalin komunikasi intensif dengan PIC Media (penanggung jawab), memberikan layanan bantuan cepat/langsung seperti tutorial tatap muka, panduan online, e-mail, whatsapp, screenshot, dan sebagainya,” paparnya.

Dijelaskannya, banyaknya layanan Pers/Media yang mengajukan permohonan kerjasama, serta dokumen pengajuan kerjasama masih berupa print-out (fisik). Sehingga hal itu menyulitkan untuk pencarian dan pengarsipan data hingga keterbatasan SDM dan ruang pengarsipan data fisik. Selain itu revolusi industri 4.0 (Digitalisasi), transparansi hasil pengungkit file yang dapat diakses oleh publik, pembatasan akses sistem berkala atau periodik.

Masih kata Chrisna, aplikasi SIKAMDO sendiri merupakan sistem kendali administrasi media Diskominfo Online Kabupaten Pesbar yang dibuat dengan tujuan sebagai layanan komunikasi dua arah secara online mengikuti catatan keharusan dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) sesuai perkembangan industri 4.0 antara Pers/Media yang akan menjalin kerjasama dengan Diskominfo Kabupaten Pesbar.

“Mulai dari registrasi akun, pengiriman berkas administrasi, hingga pengiriman bukti tayang serta pengarsipan data,” jelasnya.

Ditambahkannya, ada beberapa hasil dan manfaat menggunakan layanan SIKAMDO tersebut antara lain data arsip pengajuan kerjasama media termasuk berkas administrasi serta bukti tayang media, sudah dalam bentuk digital sehingga memudahkan dalam pencarian dan pengarsipan serta dapat diakses kapanpun dan dimanapun dengan perangkat komputer atau mobile.

Kemudian, kinerja pelayanan aparatur dalam bidang administrasi kerjasama media menjadi lebih baik dan efektif, penerapan SPBE dan terciptanya tata kelola pemerintah yang baik dan transparansi. Untuk itu mudah-mudahan dengan adanya layanan SIKAMDO tersebut diharapkan mampu menunjang komunikasi, mengarsipkan berkas administrasi Pers/Media secara digital dan akuntabel.

“Dalam penilaian dan pemberian penghargaan IGA tahun 2020 ini tentu diharapkan Kabupaten Pesbar bisa meraih peringkat terbaik,” tutupnya.(yan/mlo)




Pos terkait