CJH Asal Pesbar Secara Bertahap Jalani Vaksinasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Calon Jemaah Haji (CJH) di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) secara bertahap mulai mendapatkan vaksinasi Covid-19. Untuk tahap awal, pelaksanaan vaksinasi Covid-19 itu diperuntukan bagi calon Jemaah yang masuk kategori lanjut usia (lansia).

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah, Hikmat Tutasry, S.Pd., mendampingi kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Pesbar, Hi.Yulizar Andri, S.T, M.Ag., mengatakan hingga kini kantor Kemenag Pesbar masih menunggu rencana vaksinasi lanjutan yang dilakukan oleh pihak medis, dan menunggu ketersediaan vaksin.

Bacaan Lainnya

“Untuk vaksinasi Covid-19 tahap awal memang sudah dilakukan bagi calon jemaah yang masuk kategori lansia pada 30 Maret sampai 6 April 2021 lalu,” katanya, Senin (19/4).

Dikatakannya, secara keseluruhan untuk jumlah calon jemaah haji asal Kabupaten Pesbar berjumlah 69 orang, dan terdapat 32 orang diantaranya  masuk kategori lansia. Sedangkan, dari 32 calon jemaah lansia itu yang telah mengikuti vaksinasi Covid-19 baru 27 orang, sementara untuk lima orang calon jemaah lainnya belum di suntik vaksin karena ada alasan medis lainnya. Sedangkan untuk jumlah diluar lansia sebanyak 37 orang.

“Mudah-mudahan untuk seluruh calon jemaah haji yang ada di Pesbar ini baik kategori lansia maupun di luar lansia itu bisa mengikuti vaksinasi Covid-19, kita tentu berharap secepatnya bisa kembali terealisasi,” kata dia.

Karena, lanjut dia, dalam vaksinasi Covid-19 tersebut setiap calon jemaah akan mengikuti sebanyak dua kali. Sedangkan, untuk calon jemaah haji tersebut merupakan calon haji tahun 2020, tetapi tertunda keberangkatannya karena adanya Pandemi Covid-19. Bahkan, hingga tahun 2021 ini pun belum bisa dipastikan dan ditentukan keberangkatannya ke tanah suci, karena itu semua masih menunggu kebijakan dari Pemerintah.

“Meski belum ditentukan kembali oleh Pemerintah mengenai kepastian pemberangkatan calon jemaah haji maupun jemaah umroh, namun kita berharap bisa secepatnya dibuka kembali oleh Pemerintah, termasuk Pemerintah Arab Saudi,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)


Pos terkait