Covid-19 Sulit Dicegah Tanpa Kesadaran Masyarakat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kasus warga terkonfirmasi Covid-19 di Lampung Tengah terus meningkat. Pemerintah daerah juga tidak bisa berbuat banyak mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto menyatakan bahwa dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 butuh kesadaran masyarakat sendiri. “Masalah kasus Covid-19 yang terus meningkat, ini sulit kalau mau mencari kesalahan siapa. Ini juga karena masyarakat sendiri tak menyadari secara penuh bahaya Covid-19 dan bagaimana pencegahannya. Masyarakat sudah apatis. Protokol kesehatan sudah tak lagi dijalankan dengan baik. Penularan terus terjadi karena banyak yang mengabaikan protokol kesehatan,” katanya di Omah BJW, Kampung Bumimas, Kecamatan Seputihagung, Senin (18/1).

Bacaan Lainnya


Ditanya apakah tidak ada upaya tegas dari pemerintah daerah memaksa masyarakat mematuhi protokol kesehatan, Loekman mengatakan hal itu buah simalakama.

“Buah simalakama bagi pemerintah untuk memaksa masyarakat. Jika dilakukan penindakan disiplin secara tegas, pasti berbuah kegaduhan di tengah masyarakat. Makanya paling efektif adalah kesadaran masyarakat dalam kehidupan di tengah pandemi Covid-19 tetap berpedoman pada protokol kesehatan. Kita tak bisa melakukan kekakuan aturan. Dampaknya gaduh di tengah masyarakat,” ujarnya.

Supaya kasus Covid-19 tidak terus meningkat, Loekman juga meminta petugas kesehatan dan aparatur pemerintah jangan merasa lelah. “Kepada petugas kesehatan dan aparatur pemerintah, saya minta jangan pernah merasa lelah menyampaikan kepada masyarakat tentang protokol kesehatan,” ungkapnya.

Berdasarkan hasil pemantauan Covid-19 Pemkab Lamteng per 17 Januari 2021, sudah ada 1.123 orang terkonfirmasi Covid-19. Sebanyak 870 orang sembuh, 149 isolasi mandiri, 54 isolasi rumah sakit, dan 50 meninggal. (sya/mlo)


Pos terkait