Cuaca Buruk, Nelayan Diimbau Waspada Saat Melaut

  • Whatsapp
Cuaca buruk membuat banyak nelayan enggan pergi melaut dan lebih memilih untuk menambatkan perahunya di dermaga. - Foto yayan

Medialampung.co.id Nelayan di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) diminta tetap waspada saat melaut. Terutama saat kondisi cuaca buruk seperti sekarang dimana gelombang laut sedang cukup tinggi.

Kabid Perikanan Tangkap, Bambang Supeno, A.Pi., mendampingi Kepala Dinas Perikanan setempat, Armen Qodar, S.Ip, M.M., mengatakan, kondisi cuaca di perairan Pesbar saat ini sudah mulai memasuki musim angin, sehingga berdampak pada kondisi gelombang laut.

Bacaan Lainnya


“Bagi nelayan yang hendak melaut diharapkan bisa meningkatkan kewaspadaan untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan laut,” katanya.

Dijelaskannya, hingga kini sudah banyak nelayan di Pesbar yang menjadi korban baik tenggelam, tersambar petir dan kecelakaan laut lainnya ketika mencari ikan di laut. Banyak faktor penyebab kecelakaan laut, salah satu yang paling utama yakni faktor cuaca buruk. terlebih mayoritas nelayan di Pesbar merupakan nelayan tradisional.

“Sekarang sudah memasuki musim angin barat, kondisi itu harus menjadi perhatian bersama terutama bagi nelayan,” ujarnya.

Karena itu, kata dia, selain waspada saat melaut juga diharapkan agar nelayan bisa terus memantau informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geosfisika (BMKG) untuk mendapat informasi cuaca terupdate. Meski rata-rata nelayan di sepanjang Pesbar ini sudah banyak yang memahami cuaca di perairan baik tentang musim angin dan sebagainya.

“Kondisi cuaca buruk di perairan Pesbar  kerap terjadi dan banyak dampaknya, seperti menurunnya hasil tangkapan ikan, hingga banyaknya nelayan yang beralih profesi,” jelasnya.

Meski begitu, pihaknya berharap nelayan yang beralih profesi saat kondisi cuaca buruk dan tidak bisa melaut itu diharapkan dapat melakukan kegiatan yang tidak melanggar hukum. Seperti penangkapan benih lobster dan kegiatan lainnya.

“Yang jelas saat kondisi cuaca buruk seperti sekarang ini, jika ada nelayan yang ingin melaut agar tetap menjaga keselamatannya,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait