Cuaca Buruk, Perahu Katir Terbalik di Teluk Semaka

  • Whatsapp
Dua Nelayan yang perahu katirnya terbalik berhasil diselamatkan. - Foto Polairud Kotaagung/mlo

Medialampung.co.id – Cuaca buruk yang terjadi di Perairan Teluk Semaka, Senin sore (8/2) menyebabkan perahu nelayan jenis katir terbalik.

Beruntung tidak ada korban dalam peristiwa tersebut, dua orang nelayan warga Kotaagung berhasil diselamatkan 

Bacaan Lainnya

Menurut Anggota Pangkalan Kapal Polisi C3 XXV-1011 Kotaagung, Brigpol Zam Zam Firdaus, kedua nelayan tersebut bernama Setiawan alias Ujang (39) warga RT.5, Kelurahan Baros, Kecamatan Kotaagung dan Suyanto (45) Laki-laki, alamat Way Taman Kelurahan Pasar Madang Kotaagung.

“Kedua orang nelayan pancing tersebut berhasil dievakuasi dan dinaikan ke atas kapal tugboat Amazon dengan selamat,” kata Zam Zam mewakili Komandan Kapal Polisi C3 XXV-1011 Kotaagung, Bripka Sudarwanto, Senin malam (8/2)

Menurut Zam Zam kronologis kejadian pada Senin (8/2), terjadi angin barat yang kencang dengan kecepatan angin mencapai 49.0 knot sekira pukul 16.15 WIB. Lalu tinggi gelombang juga mencapai dua meter. 

Lalu Pos II Security PT Pertamina Marine Teluk Semaka menerima informasi dari tugboat Amazon Harbour adanya perahu pancing jenis katir terbalik dengan dua orang awak perahu.

“Lokasi kejadian di titik koordinat 5⁰-33.784 lintang selatan dan 104⁰-38.203 lintang timur. Informasi tersebut diteruskan ke pangkalan kapal Polisi nomor C3 XXV-1011 Kotaagung,” jelasnya.

Usai diselamatkan kepala tugboat Amazon, kedua nelayan kemudian dievakuasi ke darat melalui Dermaga Pelabuhan Perhubungan Kotaagung. Kedua korban selamat selanjutnya diperbolehkan pulang ke kediamannya.

Sementara pemilik perahu Setiawan mengatakan bahwa perahunya terbalik setelah dihantam gelombang disertai angin kencang.

“Saat terbalik untung ada tugboat yang melintas sehingga kami berhasil diselamatkan,” katanya.

Ia juga mengatakan bahwa, untuk perahu saat itu tidak memungkinkan untuk dievaluasi mengingat cuaca sedang tidak bersahabat.

“Jadi ditinggalkan begitu saja, perahu itu sudah hanyut terbawa derasnya arus, dan akan diupayakan untuk dicari,” ujar Setiawan.(ehl/rnn/mlo)


Pos terkait