Cuaca Ekstrim Picu Tanah Longsor di Sekitar Pemukiman Warga

Medialampung.co.id – Cuaca ekstrim yang melanda wilayah Kabupaten Lampung Barat memicu terjadinya tanah longsor di Pemangku Kampungbaru, Pekon Kubuperahu, Kecamatan Balikbukit pada Jumat (10/12) dini hari.

Meski volume material longsor terbang kecil, namun mengakibatkan dinding dapur rumah salah satu warga setempat jebol diterjang longsor.

Bacaan Lainnya


Peratin Kubuperahu Eri Susianto mengatakan, pasca kejadian pihaknya langsung berkoordinasi dengan satgas penanggulangan bencana pekon, untuk membersihkan tanah longsor yang masuk kedalam rumah tersebut.

“Kondisinya tidak terlalu parah, karena volume longsor tidak terlalu besar namun berdampak pada kerugian material karena dinding rumah jebol, dan hari ini kami mengerahkan Satgas PB pekon, Tagana dan Linmas untuk membantu membersihkan sisa material longsor sekaligus memperbaiki dinding dapur yang rusak,” ujarnya.

Menyikapi kondisi cuaca ekstrim saat ini, pihaknya mengimbau masyarakat khususnya yang berada di pemukiman di sekitar tebing agar meningkatkan kewaspadaan terhadap pergerakan tanah. 

“Para satgas PB Pekon dan tagana sudah kami arahkan supaya menyampaikan imbauan kepada masyarakat guna mengurangi risiko kebencanaan. Apalagi, lokasi kejadian merupakan wilayah dengan topografi perbukitan sehingga rawan terjadi longsor,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Berdasarkan buletin cuaca yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung, untuk Kabupaten Lampung Barat pada bulan Desember hingga Januari 2021 mendatang diperkirakan akan dilanda cuaca ekstrim dengan intensitas curah hujan yang tinggi antara kecepatan 350-450 milimeter (MM). 

Untuk itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar mengimbau masyarakat agar mewaspadai cuaca ekstrim yang berpotensi menimbulkan bencana alam seperti banjir, longsor maupun pohon tumbang.(edi/mlo)


Pos terkait