Cuaca Ekstrim, Sekitar Setengah Hektar Sawah Tertimbun Longsoran Kebun Kopi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Peratin Gedungsurian, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat, memperingatkan warganya untuk sementara waktu mengurangi aktifitas di luar rumah khususnya ke kebun atau sawah yang rentan longsor selama cuaca ekstrim masih melanda wilayah itu.

Imbauan tersebut dilontarkan Mas Boy–sapaan akrab Boimin—lantaran telah terjadi longsor di areal perkebunan kopi dan pisang hingga menimbun areal persawahan di bawahnya, dengan luas lebih kurang setengah hektar. 

Bacaan Lainnya


Longsor itu juga menyebabkan Jembatan kayu lintasan warga mengalami kerusakan karena bergeser akibat terhimpit material tanah longsoran.

“Beruntung saja warga pemilik sawah sudah tidak melaksanakan aktifitas karena baru selesai ngarit (panen),” katanya.

Namun, akibat bencana itu jelas mengakibatkan kerugian, baik pemilik lahan kopi, maupun pemilik sawah.

“Terjadinya longsor ini karena tingginya intensitas hujan, yang menyebabkan kali (sungai) dibawahnya meluap. Ditambah lagi di pinggiran tebing sudah tidak ada tanaman kayu besar sebagai penahan tanah,” katanya.

Kejadian tersebut menarik perhatian Camat Agus setiawan, S.E, M.M., yang meninjau lokasi secara langsung. Dan pihaknya juga mengimbau warga agar segera melaporkan jika ada hal-hal yang terjadi di wilayah masing-masing.

Sekedar diketahui longsor tersebut terjadi pada Minggu (7/3) sekitar pukul 16.30 WIB. Dan atas kejadian itu tentunya aparat pekon sudah menyampaikan Laporan kepada pihak Pemkab setempat. (r1n/mlo)




Pos terkait