Cuka Apel, Bisa Atasi Masalah Ketombe!

  • Whatsapp
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

Medialampung.co.id – Banyak produk kecantikan mulai beralih menggunakan bahan-bahan organik, karena dianggap tidak menyebabkan kerusakan pada manusia. Salah satu bahan alami yang kerap digunakan adalah cuka apel.

Fermentasi sari buah apel ini tak hanya untuk diminum tetapi juga memiliki kandungan yang berguna bagi kecantikan kulit dan rambut. Mau tahu lebih dalam manfaat cuka apel, seperti dilansir Goodhousekeeping.

Mengusir bau mulut

Beberapa dokter gigi menyarankan agar berkumur dengan cuka apel, kemudian dilanjutkan dengan air bersih. Ini berguna untuk menjaga kesehatan mulut.

apple cider vinegar

Cuka apel bisa masuk ke dalam sela-sela gusi dan gigi sehingga Anda akan terbebas dari bau mulut. Namun, sebelum menggunakannya, pastikan Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter gigi.

Mengatasi ketombe

Ketombe berasal dari penumpukan sel-sel kulit mati yang terdapat pada kulit kepala. Anda bisa mengatasinya dengan membilas rambut menggunakan campuran cuka apel dan air seraya memijat kulit kepala. Selain mengatasi masalah ketombe, cara ini juga bisa membuat rambut halus dan tampak bersinar.

Membersihkan wajah

Untuk membersihkan wajah, campurkan satu sendok makan cuka apel dengan beberapa tetes air putih. Menurut dermatologi yang berasal dari Yale University, Mona Gohara, M.D., cara ini berfungsi sebagai astringent yang dapat menghilangkan bakteri dan sel-sel kulit mati penyebab jerawat.

Membasmi bau badan kurang sedap

Cuka apel bisa menjadi salah satu cara alami untuk membasmi masalah bau badan hingga bau kaki. Caranya, cukup basahi kapas menggunakan cuka apel lalu gosokkan pada bagian ketiak atau telapak kaki. (okezone/mlo)



Pos terkait