Cuma Tiga Puskesmas di Tanggamus yang Punya Dokter Gigi

Ilustrasi

Medialampung.co.id – Warga berbagai Kecamatan di Kabupaten Tanggamus, mengeluhkan atas tidak adanya dokter Gigi di sejumlah Puskesmas.

Pasalnya keberadaan dokter gigi sangat diperlukan bagi masyarakat yang hendak memeriksakan kesehatan giginya. 

Bacaan Lainnya


Seperti dikemukakan Ny. Subha, salah seorang warga, menurutnya pada hari itu ia ingin memeriksakan giginya yang sakit di salah satu Puskesmas.

Tapi begitu sampai di puskesmas, menurut petugas, di Puskesmas tersebut tidak ada dokter gigi. 

Demikian juga disampaikan Andin warga Tanggamus lainnya, ia juga mengeluhkan atas tidak adanya dokter gigi di salah satu Puskesmas kecamatan yang ia datangi.

Karena akibat tidak adanya dokter Gigi, pelayanan kesehatan gigi terasa kurang optimal, tuturnya. 

Terkait hal ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, Taufik Hidayat pada Minggu (6/3) mengatakan, keberadaan dokter gigi memang sangat terbatas. 

Dari seluruh Puskesmas di Kabupaten Tanggamus hanya tiga Puskesmas yang memiliki dokter gigi.

Yakni, Puskesmas Kecamatan Talang Padang, Puskesmas Kecamatan Pulau Panggung dan Puskesmas Kecamatan Ulubelu, terang Taufik. 

Padahal lanjutnya, setiap rekrutmen CPNS Pemkab Tanggamus selalu membuka formasi penerimaan dokter gigi, namun pendaftarnya sangat minim bahkan nyaris tidak ada, kata Taufik. 

“Jadi karena terbatasnya jumlah dokter gigi inilah yang menyebabkan minimnya dokter gigi bertugas di Puskesmas,” ungkap Taufik 

“Tapi kita akan terus berusaha untuk memenuhi keberadaan dokter gigi di puskesmas, dengan selalu mengusulkan formasi dokter gigi kepada Kemenpan RB dan para pihak terkait lainnya, pungkas Taufik Hidayat. (ehl/mlo)


Pos terkait