Curi Handphone dan Laptop, Tiga Pelaku Ditangkap Polisi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Team Dhemit (Tekab 308) Polsek Pesisir Tengah, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) Selasa (8/6) kemarin berhasil mengamankan tiga pelaku pencurian dengan pemberatan (curat), salah satu pelakunya masih dibawah umur.

Plh.Kapolsek Pesisir Tengah, AKP Abdurrahman, S.H., mendampingi Kapolres Lampung Barat (Lambar) AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H., melalui Panit II Reskrim Polsek setempat Ipda Kasiyono, S.E., mengatakan bahwa tiga pelaku yang berhasil diamankan itu yakni WS (24) warga Lingkungan Pasar Mulya Kelurahan Pasar Krui, AM (20) dan FA (15) keduanya warga Kelurahan Pasar Kota Krui, Kecamatan Pesisir Tengah.

Bacaan Lainnya


“Ketiga pelaku ditangkap berdasarkan laporan polisi No.LP/B/455/VI/2021/SEK PETENG/RES LAMBAR/POLDA LAMPUNG, Tanggal 06 Juni 2021, dengan pelapor atas nama Alain (40) warga Lingkungan Pasar Mulya Kelurahan Pasar Krui Kecamatan Pesisir Tengah,” katanya, Rabu (9/6).

Dijelaskannya, setelah mendapat laporan itu, pihaknya bersama anggota langsung melakukan penyelidikan, hingga akhirnya para pelaku berhasil diamankan. Bahkan, berdasarkan keterangan pelaku AM bahwa, aksi pencurian itu terjadi pada Kamis (2/7/2020) lalu, sekitar pukul 05.00 Wib, di rumah pelapor yang ada di Kuala Stabas Lingkungan Pasar Mulya Kelurahan Pasar Krui.

“Pelaku AM melakukan aksi pencurian itu dengan cara masuk kedalam rumah korban melalui jendela, sedangkan korban berada didalam rumah masih tertidur. Setelah berhasil mencuri kemudian pelaku melarikan diri melalui pintu bagian depan rumah,” jelasnya.

Ditambahkannya, pelaku berhasil mencuri satu buah handphone merk Xiaomi Redmi Note 8 warna hitam, yang diletakan di ruangan tamu yang masih di charger di samping televisi, atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sekitar Rp2,5 juta. Sedangkan, penangkapan pelaku terjadi pada Selasa (8/6) sekitar pukul 14.00 Wib, team Tekab 308 Polsek Pesisir Tengah mendapat informasi terduga pelaku salah satu pelaku sedang berada di rumahnya.

“Kemudian kami langsung bergerak dan berhasil mengamankan salah satu pelaku yakni WS beserta barang bukti satu buah handphone merk Xiaomi Redmi Note 8 warna hitam sesuai dengan  handphone korban,” kata dia.

Selanjutnya, WS mengaku bahwa handphone itu didapat dengan cara tukar tambah dari pelaku AM dengan handphone miliknya. Saat itu juga team langsung bergerak kerumah pelaku AM dan berhasil mengamankan AM dirumahnya. Pelaku AM mengakui perbuatannya bahwa dirinya telah mencuri handphone di Kuala Stabas, ketika itu juga pelaku AM dan WS beserta barang bukti diamankan ke Polsek setempat.

Sementara itu, dari hasil pengembangan penyidikan pelaku AM juga mengaku pernah melakukan pencurian satu unit Laptop merk Acer warna hitam pada Senin (20/12/2020) lalu, dengan Tempat Kejadian Perkara (TKP) di lingkungan Pasar Mulya Barat Kelurahan Pasar Krui, dengan korban atas nama Eka Marlina berdasarkan laporan polisi nomor LP/B/466/VI/2022/POLSEK PETENG/RES LAMBAR/POLDA LAMPUNG, Tanggal 08 Juni 2021.

Pencurian laptop tersebut dilakukan bersama FA. Sehingga dari hasil pengembangan pihaknya juga berhasil mengamankan pelaku lainnya yakni FA. Kemungkinan untuk pelaku FA akan diupayakan untuk diversi karena masih dibawah umur. Ketiga pelaku dan barang bukti berupa satu buah handphone merk Xiaomi Redmi Note 8 warna hitam dan satu unit laptop merk Acer warna hitam saat ini masih diamankan di Polsek Pesisir Tengah guna pengembangan penyidikan lebih lanjut.

“Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya pelaku dijerat Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman hukuman tujuh tahun penjara,” tandasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait