Curi Tanaman Vanili, Tiga Warga Padangcahya Ditangkap

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Unit Reskrim Polsek Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat berhasil mengungkap kasus pencurian tanaman vanili di wilayah Pemangku Pekonbalak, Pekon Padangcahya, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat, Kamis (13/2) sekira pukul 19:00 WIB.

Dari informasi yang di himpun, kronologis kejadian bermula pada Rabu (12/2), sekira pukul 18.00 WIB. Korban, Legiono (40) Warga Pemangku Pekonbalak, Pekon Padangcahya Kecamatan Balikbukit sedang berada di kebunnya untuk memasang lanjaran tanaman buncis. Saat itu, di samping lahan tersebut terdapat tanaman vanili.

Bacaan Lainnya



Keesokan harinya, tepatnya Kamis (13/2) sekira pukul 06.30 WIB, ia kembali berangkat ke kebunnya, dan saat itu ua terkejut ketika melihat  tanaman vanilinya telah habis mulai dari batang maupun buah. Atas peristiwa itu, korban langsung melapor ke Mapolsek Balikbukit.

Kurang dari 1×24 jam, tepatnya Kamis (13/2) sekira pukul 19:00 WIB, Unit Reskrim Polsek Balikbukit berhasil mengamankan tiga pelaku yakni Dedi Jusnandi (19),  Irwansyah (33) dan Suwandi (53) yang ketiganya merupakan warga Pekon Padangcahya, Kecamatan Balikbukit.

“Penangkapan ketiga pelaku ini berawal dari adanya informasi bahwa ada dua orang yang hendak menjual batang berikut buah vanili di Pekon tersebut,” terang Kapolsek Balikbukit, Iptu Samsul Bahri S.H., mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Hariyadi S.Ik, M.H.

Setelah di lakukan pemeriksaan, lanjut dia, akhirnya kedua pelaku tersebut mengaku bahwa vanili yang hendak di jual tersebut berasal dari kebun milik pelapor.

“Awalnya kita amankan dua pelaku, setelah dilakukan pemeriksaan, ada keterlibatan satu pelaku lainnya atas nama Suwandi, dan saat itu juga langsung kita lakukan penangkapan,” imbuhnya.

Selain ketiga pelaku, saat ini sejumlah barang bukti berupa satu buah plastik berisi buah vanili yang masih muda dengan total sekitar 200 batang masing-masing berukuran 1 meter telah diamankan di Mapolsek Balikbukit.(edi/mlo)



Pos terkait