Cuti Bersama 12 Maret Dipangkas, Pemkab Pesbar Ingatkan ASN Tetap Masuk Kerja

  • Whatsapp
Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Pesbar, Ir. Hasnul Abrar, M.P.,

Medialampung.co.id – Pemerintah resmi memangkas cuti bersama tahun 2021 dari sebelumnya tujuh hari menjadi dua hari. Salah satunya mengenai cuti bersama dalam rangka Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada Jumat (12/3) mendatang yang dipangkas dan tetap masuk kerja seperti biasa.

Asisten III Bidang Administrasi Umum Setdakab Pesbar, Ir. Hasnul Abrar, M.P., mengatakan bahwa pemangkasan cuti bersama tahun 2021 itu berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Agama (Menag), Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), serta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB).

Bacaan Lainnya

SKB tersebut dengan nomor yakni No.281/2021, No.1/2021, No.1/2021 tentang Perubahan Atas Keputusan Bersama Menag, Menaker, Menteri PANRB No.642/2020, No.4/2020, No.4/2020 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021.

“Dalam SKB sebelumnya terdapat tujuh hari cuti bersama. Namun, setelah dilakukan peninjauan kembali, maka cuti bersama dikurangi dari sebelumnya tujuh hari menjadi dua hari,” katanya, Selasa (9/3).

Dijelaskannya, cuti bersama tahun 2021 yang dipangkas sebanyak lima hari itu antara lain tanggal 12 Maret (cuti bersama dalam rangka Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW). Kemudian, pada tanggal 17, 18, 19 Mei (cuti bersama dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah), serta tanggal 27 Desember (cuti bersama dalam rangka Hari Raya Natal 2021). Sehingga, cuti bersama yang tetap atau tidak dipangkas yakni tanggal 12 Mei dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan 24 Desember dalam rangka Hari Raya Natal 2021.

“Untuk itu diharapkan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Pemkab Pesbar tetap meningkatkan kedisiplinannya, meski cuti bersama dilakukan pemangkasan kembali oleh Pemerintah,” jelasnya.

Mengingat, lanjutnya, pemangkasan cuti bersama tahun 2021 berdasarkan SKB itu juga sebagai upaya untuk mengurangi dan mencegah penyebaran wabah Covid-19 dimasa libur panjang. Terlebih pandemi Covid-19 hingga kini masih belum berakhir. Dengan begitu, diharapkan bisa menjadi perhatian bagi seluruh OPD di lingkungan Pemkab setempat agar seluruh ASN tetap disiplin.

“Terutama pada tanggal 12 Maret 2021 yang jatuh pada Jumat nanti semua ASN harus tetap masuk kerja, meski pada Kamis (11/3) merupakan libur nasional dalam rangka Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, namun ASN harus tetap disiplin dan tidak menutup kemungkinan nanti akan dilakukan pemantauan di setiap OPD,” pungkasnya.(yan/mlo)


Pos terkait