Daftar Haji Tahun Ini, Berangkat Tahun 2040

  • Whatsapp
Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Lambar Kailani

Medialampung.co.id – Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) tidak terlalu berpengaruh terhadap niat warga di Kabupaten Lampung Barat untuk melaksanakan ibadah haji. Hal tersebut terlihat dari tingginya jumlah pendaftar haji di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Lambar selama dua bulan terakhir. 

Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Lambar Kailani, S.Sos, M.M., mengatakan, untuk jumlah pendaftar haji mengalami peningkatan mulai bulan September lalu, dengan jumlah sebanyak 84 orang pendaftar, kemudian pada bulan Oktober sebanyak 83 orang pendaftar.

Bacaan Lainnya


”Pada masa pandemi Covid-19 kami tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat yang hendak mendaftar haji, dan seperti tahun-tahun sebelumnya untuk di Lambar ini karena mayoritas masyarakatnya adalah petani kopi sehingga paling banyak pendaftar haji itu mulai bulan September atau pasca panen,” ungkap Kailani.

Untuk pendaftar di tahun 2020 ini, maka pemberangkatan melaksanakan ibadah haji berdasarkan waiting list pada tahun 1461 hijriah/2040 masehi, atau  harus  sabar menanti selama 21 tahun lagi. Kendati begitu para calon jamaah tetap antusias untuk mendaftar. 

”Untuk yang mendaftar tahun ini, masih menunggu 21 tahun lagi mereka baru bisa diberangkatkan, itu berdasarkan daftar tunggu,” ujarnya.   

Sementara itu, persyaratan pendaftaran haji cukup mudah, yakni berupa Fotocopy KTP yang masih berlaku sebanyak tiga lembar, Fotocopy kartu keluarga tiga lembar, Fotocopy akte kelahiran atau ijazah atau surat nikah tiga lembar, Fotocopy keterangan sehat dari Puskesmas atau rumah sakit yang ditunjuk sebanyak tiga lembar, Fotocopy rekening tabungan haji tiga lembar, pas photo 3×4 lima lembar dan 4×6 dua lembar, materai 6.000 satu lembar dan map biola.

”Petugas kami memberikan pelayanan setiap hari pada jam kerja,  dan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, kami tekankan kepada calon pendaftar untuk menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak,” imbuhnya. (nop/mlo)




Pos terkait