Daging Sapi-Ayam di Lambar Aman Dikonsumsi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Masyarakat di Kabupaten Lambar tak perlu khawatir. Pasalnya, daging sapi dan ayam yang dijual di sejumlah pasar yang ada di kabupaten ini layak dan aman untuk dikonsumsi.

Hal itu sesuai dengan hasil pantauan Dinas Perkebunan dan Peternakan yang tergabung dalam Tim Monitoring Harga Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Pemkab Lambar di sejumlah pasar, seperti halnya di Pasar Senin Pajarbulan Kecamatan Waytenong pada Senin (5/4) dan Pasar Liwa Kecamatan Balikbukit, Selasa (6/4)

Bacaan Lainnya

“Sejauh ini kita tidak menemukan adanya daging gelonggongan serta ayam mati kemarin (tiren), begitu juga daging sapi yang mengandung cacing hati yang dijual para pedagang di pasar. Kondisi daging yang dijual aman dan layak untuk dikonsumsi,” ungkap Kasi Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Marti Patminingsih, S.P., mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Ir. Nata Djudin Amran, Selasa (6/4).

Untuk harga, kata dia, harga masih relatif stabil yaitu harga daging sapi yang dijual di Pasar Liwa Rp130.000/Kg, daging ayam Rp38.000/Kg, telur Rp24.000 ribu/Kg dan per karpetnya Rp43.000. Sedangkan untuk di Pasar Pajarbulan harga daging sapi Rp130.000, dan daging ayam potong Rp40.000/Kg. 

Lanjut dia, ciri-ciri daging sapi yang segar dan berkualitas baik dapat dilihat dari tekstur, warna, dan aromanya, yaitu bau segar dan tidak anyir, daging segar akan mengeluarkan aroma yang normal khas sapi. tekstur daging kenyal dan padat, warna merah merah, serta tidak mengandung air. 

“Kami menghimbau kepada pedagang daging sapi dan ayam untuk menjual daging yang segar dan berkualitas. Serta diharapkan melakukan pemotongan sapi di rumah potong hewan,” harapnya. (lus/mlo)




Pos terkait