DAK Bidang Perikanan Lambar Rp1,7 Miliar

  • Whatsapp
Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Umi Fitria, S.P

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar tahun ini akan mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK) bidang perikanan sekitar Rp1,7 miliar lebih dari pemerintah pusat.

Kabid Pengelolaan Pembudayaan Ikan Umi Fitriah mendampingi Plt. Kepala Dinas Perikanan Padang Prio Utomo mengungkapkan, tahun 2019 lalu, jumlah DAK bidang perikanan yang diterima Kabupaten Lambar sebesar Rp1,4 miliar namun tahun ini jumlahnya meningkat menjadi Rp1,7 miliar.

Bacaan Lainnya



“DAK itu akan digunakan untuk pengadaan induk ikan nila sebanyak 10 paket dan pakan ikan yang akan dialokasikan di Balai Benih Ikan (BBI) Kecamatan Sumberjaya. Satu paket berisi calon induk ikan betina 300 ekor dan jantan 100 ekor,” ujar Umi Fitriah di Ruang Kerjanya, Kamis (30/1)

Menurut Umi, selain pengadaan induk ikan, DAK bidang perikanan juga akan dialokasikan untuk kegiatan peningkatan produksi ikan berupa bantuan benih ikan berikut pakannya.

“Jenis ikan yang akan dibudidayakan berupa ikan lele, nila, patin, mina padi serta pengadaan calon induk ikan untuk pembenihan rakyat dan budidaya ikan lokal yaitu nilem,” imbuhnya.

Lanjut dia, bantuan benih dan ikan tersebut rencananya akan dialokasikan untuk 28 kelompok budidaya ikan (Pokdakan) yang tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Lambar.

“Untuk nama-nama Pokdakan calon penerima bantuan belum kita tentukan karena masih akan dilakukan verifikasi,” kata dia seraya menambahkan, dengan adanya sejumlah kegiatan yang bersumber dari DAK tersebut, diharapkan kedepan produksi ikan di Kabupaten Lambar akan lebih meningkat. (lusiana)



Pos terkait