DAK Fisik di Lambar Terealisasi Rp58,091 Miliar

  • Whatsapp
Kepala BPKD Lambar  Ir. Okmal, M.Si

Medialampung.co.id – Realisasi dana alokasi khusus (DAK) fisik di Kabupaten Lambar hingga Oktober tahun 2021 telah mencapai Rp58,091 miliar atau 66,92 persen dari pagu anggaran Rp86,810 miliar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Ir. Okmal, M.Si merinci realisasi DAK fisik sebesar Rp58,091 miliar itu terdiri dari DAK bidang pendidikan yaitu pendidikan PAUD Rp343 juta lebih, pendidikan reguler SD Rp16 miliar lebih, pendidikan SMP Rp4,3 miliar, pendidikan reguler SLB Rp140 juta lebih dan perpustakaan daerah sebesar Rp332 juta lebih.

Bacaan Lainnya

Kemudian, DAK fisik bidang kesehatan pelayanan dasar Rp1,5 miliar lebih, kesehatan rujukan Rp1,2 miliar lebih, kesehatan pelayanan farmasi dan perbekalan Rp847 juta lebih, dan kesehatan reguler KB Rp544 juta lebih. 

Untuk DAK fisik bidang perumahan dan permukiman penugasan Rp2 miliar lebih, bidang industri kecil dan menengah Rp646 miliar lebih, bidang pertanian penugasan Rp1 miliar lebih, bidang kelautan dan perikanan penugasan Rp1 miliar lebih, DAK fisik bidang jalan Rp10 miliar lebih, bidang sanitasi Rp1,9 miliar lebih, bidang irigasi penugasan Rp4,9 miliar lebih serta bidang transportasi pedesaan-reguler Rp3,5 miliar lebih. 

“Khusus untuk DAK fisik bidang pariwisata tahun ini Kabupaten Lambar tidak mendapatkan kucuran dana dari pemerintah pusat,” kata dia 

Sejumlah kegiatan yang bersumber dari DAK fisik tersebut, lanjut Okmal, tersebar antara lain di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Perikanan, Dinas Perhubungan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan. 

“Kita mengimbau kepada Perangkat Daerah untuk segera melakukan penyerapan DAK fisik,” kata dia. (lus/mlo)

Pos terkait