DAK Non Fisik Sebesar Rp14 Miliar Masuk Kasda Pesbar

Kepala BPKAD Pesbar, Kasmir, S.Sos.

Medialampung.co.id – Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mencatat anggaran dana alokasi khusus (DAK) non fisik untuk sejumlah kegiatan telah masuk ke Kas Daerah dari pemerintah pusat. 

Kepala BPKAD Pesbar, Kasmir, S.Sos., mengatakan pemerintah pusat telah menyalurkan anggaran DAK non fisik ke Kas Daerah Kabupaten Pesbar untuk sejumlah bidang kegiatan yang tersebar di sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab setempat. 

Bacaan Lainnya


“Terdapat tujuh bidang kegiatan pelaksana anggaran DAK non fisik tahun 2022 yang telah disalurkan oleh pemerintah pusat ke kas daerah, saat ini tinggal menunggu pelaksanaan penyaluran ke masing-masing OPD,” kata dia.

Dijelaskannya, total anggaran DAK non fisik yang telah masuk ke kas daerah mencapai Rp14.473.021.832, jumlah anggaran DAK itu terbagi dalam tujuh bidang kegiatan berdasarkan data rincian yang diterima dari pusat. 

“Dalam penyaluran anggaran DAK non fisik tersebut masing-masing bidang kegiatan telah diketahui besaran dananya, bahkan sudah kita sampaikan ke masing-masing OPD pelaksana kegiatan,” jelasnya. 

Dipaparkannya, anggaran DAK non fisik itu terdiri dari bidang Bantuan Operasional Kesehatan sebesar Rp2.132.849.952,- Bantuan Operasional Keluarga Berencana Rp1.274.524.605,-, Bidang Perlindungan Anak Rp300.900.000, Bidang Tunjangan Profesi guru Rp9.427.780.000,-, bidang TKG sebesar Rp800.544.000,-.

“Lalu, bidang dana UMKM sebesar Rp200.400.000,- dan terakhir bidang ketahanan pangan sebesar Rp336.023.27,-. Dari total anggaran DAK non fisik yang telah masuk ke kas daerah itu, saat ini belum ada yang diserap oleh OPD,” terangnya. 

Pihaknya berharap, seluruh OPD bisa mempersiapkan berkas usulan serapan anggaran DAK non fisik tersebut sehingga bisa langsung digunakan oleh OPD sesuai dengan petunjuk teknis dari pemerintah pusat. 

“Kami harap berkas persyaratan yang dibutuhkan bisa segera disiapkan, sehingga saat penyaluran anggaran itu akan dilaksanakan, semua persyaratan telah lengkap dan akan langsung kita salurkan,” pungkasnya. (ygi/d1n/mlo)


Pos terkait