DAK Penugasan Pasar 2021 Nihil

  • Whatsapp
Pasar Liwa - Foto edi/mlo

Medialampung.co.id – Harapan Pemkab Lampung Barat untuk melakukan pembenahan pasar milik pemkab, khususnya melakukan pembangunan fasilitas pendukung tahun 2021 mendatang kandas. Hal ini setelah pemkab menerima kepastian bahwa Dana Alokasi Khusus (DAK) penugasan bidang pasar tahun 2021 mendatang tidak ada. 

Kabid Pengelolaan dan Pengembangan Pasar Diskoperindag Lambar Salafuddin mengatakan, pembangunan infrastruktur di sejumlah pasar masih sangat diharapkan, namun  pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) menghambat rencana yang ada. 

Bacaan Lainnya



“Terkait dengan prioritas pemerintah pusat tahun depan itu prioritasnya adalah pengembangan UMKM, maka untuk infrastruktur tidak kebagian, bahkan DAK penugasan bidang pasar tahun depan tidak ada,” ungkap Salafuddin mendampingi Kepala Diskoperindag Lambar Yudha Setiawan, Senin (7/8). 

Salafuddin melanjutkan, rencana sebelumnya untuk pengembangan 10 pasar di Lambar direncanakan akan melakuoan pembangunan  fasilitas pendukung seperti Tempat Pembuangan Sampah (TPS), tempat pengolahan sampah sementata, gerobak sampah, tempat parkir dan toilet. 

“Itu menjadi prioritas pemerintah daerah, dan awalnya jika kita mendapatkan DAK arahnya kesana (pembangunan fasilitas tersebut) tetapi karena kebijakan pemerintah pusat akhirnya rencana tersebut tidak bisa dilaksanakan,” kata dia. 

Bahkan, kata dia, untuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Bidangnya saat ini hanya tersisa terkait dengan penerapan protokol kesehatan baik pengunjung maupun pedagang pasar, dengan harapan pandemi Covid-19  segera berakhir dan aktifitas bisa kembali normal seperti sedia kala. 

“Semoga pandemi Covid-19 segera hilang, dengan begitu aktifitas bisa kembali normal, dan tentunya dampaknya ketika pandemi ini hilang anggaran bisa kembali digunakan untuk pengembangan pasar,” imbuhnya. (nop/mlo)



Pos terkait