DAK Penugasan Rp5 Miliar untuk Pembangunan SPAM Pedesaan

  • Whatsapp
Kabid Cipta Karya DPUPR Lambar Ahmad Ahnuh, S.T.

Medialampung.co.id – Pemkab Lambar dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Kabupaten Lambar tahun ini akan melakukan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) pedesaan di tiga pekon.

Kabid Cipta Karya Ahmad Ahnuh, S.T., mendampingi Kepala DPUPR Ir. Sudarto, M.M mengungkapkan, pembangunan SPAM Pedesaan itu rencananya akan dilaksanakan di tiga pekon yaitu Pekon Rigisjaya Kecamatan Waytenong, Pekon Lumboktimur Kecamatan Lumbokseminung, Pekon Pajaragung Kecamatan Belalau.

Bacaan Lainnya




”Pembangunan SPAM Pedesaan itu bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Penugasan Bidang Air Minum tahun 2021 sebesar Rp5 miliar lebih,” ungkap Ahnuh, Selasa (23/2).

Menurut dia, adapun sarana yang akan dibangun yaitu intake, bak penampung, jaringan pipa, jembatan pipa dan sambungan rumah dan lainnya.

“Pembangunan SPAM pedesaan ini bisa dimanfaatkan untuk kisaran 200-300 kepala keluarga (KK) per pekon. Jadi nantinya setelah dilakukan pembangunan maka akan dikelola oleh masyarakat untuk mencukupi kebutuhan air bersih,” kata dia seraya menambahkan, saat ini prosesnya sedang persiapan untuk lelang/tender.

Ia berharap dengan adanya pembangunan SPAM pedesaan itu akan meningkatkan cakupan pelayanan air bersih bagi masyarakat yang ada di tingkat pekon. 

“Mudah-mudahan dengan adanya pembangunan SPAM Pedesaan ini akan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan air yang bersih guna mencukupi kebutuhan sehari hari,” pungkas dia. (lus/mlo)


Pos terkait