DAK Rp1,7 Miliar untuk BBI dan Bantuan Benih Ikan

  • Whatsapp
Kabid Pengelolaan Pembudayaan Ikan Dinas Perikanan Lambar Umi Fitriah

Medialampung.co.id – Kabupaten Lambar  tahun ini mendapatkan kucuran dana alokasi khusus (DAK) penugasan bidang perikanan sebesar Rp1,7 miliar lebih dari pemerintah pusat.  

Kabid Pengelolaan Pembudidayaan Ikan Umi Fitriah mendampingi Plt. Kepala Dinas Perikanan Kamaludin mengungkapkan, DAK penugasan bidang perikanan sebesar Rp1,7 miliar lebih itu dialokasikan untuk kegiatan rehab kolam dua unit di Balai Benih Ikan (BBI), pengadaan pakan ikan untuk BBI sebanyak enam ton, serta pengadaan induk ikan nila untuk BBI sebanyak 15 paket.

Bacaan Lainnya



“Untuk pengadaan induk ikan nila sebanyak 15 paket, per paket berisi 400 ekor ikan sehingga total induk ikan sebanyak 6.000 ekor,” ujar Umi, Rabu (26/8).

Selain rehab kolam dan pengadaan induk serta pakan ikan di BBI, kata dia, DAK bidang perikanan juga akan dialokasikan untuk pengadaan bantuan kepada masyarakat untuk budidaya ikan berupa benih ikan nila untuk lima kelompok budidaya ikan (Pokdakan), benih lele untuk tiga Pokdakan, benih gurame untuk dua Pokdakan, benih ikan patin satu Pokdakan dan benih ikan nilem untuk lima Pokdakan. 

“Untuk bantuan ke masyarakat sebagian telah kita distribusikan kepada kelompok penerima, seperti halnya kelompok Mina Wisata Pekon Srimenanti Kecamatan Airhitam mendapatkan bantuan benih ikan lele dan kelompok mina padi Pekon Puramekar Kecamatan Gedungsurian mendapatkan bantuan benih ikan nila,” kata dia.

Pihaknya berharap dengan adanya sejumlah kegiatan yang bersumber dari DAK tersebut, diharapkan kedepan produksi ikan di Kabupaten Lambar akan lebih meningkat. (lus/mlo)



Pos terkait