Dalam Dua Pekan, Puluhan Kendaraan yang Menyeberang ke Pulau Jawa Diputar Balik

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Bakauheni Lampung Selatan (Lamsel) memutar balik kendaraan yang akan melintas dari pelabuhan Bakauheni menuju Merak.

Kepala KSKP Bakauheni, AKP Ridho Rafika mengatakan, warga yang hendak ke Pulau Jawa menggunakan moda transportasi laut, pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), tidak diperbolehkan menyeberang.

Bacaan Lainnya

“Kalau mau menyeberang, mereka harus melampirkan sejumlah syarat-syarat, seperti Negatif PCR atau Antigen, dan wajib menunjukkan sertifikat vaksin. Dua-duanya harus ada, kalau salah satunya saja tidak terpenuhi, kami memutar balik kendaraannya. Jadi, harus menunjukkan bebas antigen dan sertifikat vaksin,” ungkap Ridho, Selasa (6/7).

Dia menjelaskan, keputusan menunjukkan rapid antigen dan sertifikat vaksin tersebut, sesuai kebijakan Pemerintah dalam PPKM darurat di Jawa dan Bali. Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Satgas Covid-19 No.14/2021 dan Surat Edaran Menteri Perhubungan RI No 43 Tahun 2021.

“Kami hanya menjalankan tugas saja. Kalau ada warga yang kedapatan tidak bisa menunjukkan syarat tersebut. kami akan minta putar balik,” ujarnya.

Menurutnya, pemberlakuan penyekatan putar balik kendaraan di pelabuhan Bakauheni tersebut, dilakukan selama dua pekan, dimulai hari Selasa (6/7) sampai Selasa (20/7).

“Kami selalu mengingatkan untuk patuhi Protokol Kesehatan Covid-19. Tentunya, bilamana kondisi badan sedang tidak sehat atau menurun, sebaiknya istirahat dahulu. Jangan lupa selalu ingatkan ke keluarga, kerabat, dan orang-orang terdekat, untuk dapat mematuhi prokes Covid-19, lebih baik kita mencegah, daripada mengobati,” pesan AKP Ridho.

Terkait jumlah kendaraan yang sudah diputar balik, mantan Kapolsek Bangunrejo Lampung Tengah (Lamteng) ini belum dapat memastikan. Sebab, hingga saat ini, tim sedang bekerja untuk memutar balik kendaraan.

“Kami akan jaga ketat 1×24 non stop. Sekarang saja masih berjalan. Sudah banyak yang kami putar baik. Saya belum dapat laporan angka pastinya. Tapi yang pasti, sudah lebih dari 20 kendaraan,” pungkasnya. (yud/mlo)


Pos terkait