Dalam Seminggu, Dua Kabupaten Belajar Kopi ke Lambar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Jika sebelumnya Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) dan kelompok tani di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) melakukan kunjungan pembelajaran tentang kopi di Kabupaten Lambar pada Rabu-Kamis (9-10/10). Kali ini giliran Dinas Perkebunan beserta Kelompok Tani Kabupaten Tanggamus melaksanakan pelatihan dan studi banding, Rabu (16/10)

Rombongan dari Kabupaten Tangamus yang berjumlah 50 orang tersebut dipimpin langsung Kabid Perkebunan Kusnari, S.P dan diterima langsung Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Si.

Bacaan Lainnya



“Hari ini kita kembali menerima kunjungan, beberapa waktu lalu Dinas Perkebunan Kabupaten Lampung Tengah berkunjung ke Lambar dan saat ini ada kunjungan dari kelompok tani didampingi Dinas Perkebuann Kabupaten Tanggamus,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Si di Ruang Kerjanya, Rabu (16/10).

Dipaparkannya, kedatangan rombongan Dinas Perkebunan dan kelompok tani tersebut ke Kabupaten Lambar ingin belajar tentang kopi, seperti belajar teknis budidaya, pengendalian hama penyakit, serta berkunjung ke Kelompok Wanita Tani (KWT) Mandiri Pekon Padangcahya Kecamatan Balikbukit.

“Selain berkunjung ke KWT Mandiri, rombongan juga belajar tentang budidaya kopi di P3K AEKI Hanakau Kecamatan Sukau. Mereka langsung kita dampingi ke lapangan. Kami memberikan penjelasan tentang kondisi kopi, budidaya kopi serta pengendalian hama penyakit pada tanaman kopi di Kabupaten Lambar,” akunya.

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar, S.P, M.Si

Lanjut dia, Kementerian Pertanian telah merekomendasikan Kabupaten Lambar menjadi lokasi pembelajaran terkait Kopi Robusta, sebab di wilayah Lambar ini telah memiliki kampung kopi, sekolah kopi, ternak kopi, festival kopi dan bantuan-bantuan kopi serta lainnya sehingga cocok untuk menjadi tujuan lokasi pembelajaran dan studi banding untuk daerah-daerah yang ingin belajar tentang kopi. “Kita siap menerima, jika halnya ada yang berkunjung ke Kabupaten Lambar untuk mempelajari tentang kopi,” ungkap dia.

Sekadar diketahui, Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) melakukan kunjungan pembelajaran di Kabupaten Lambar, Rabu-Kamis (9-10/10).

Kunjungan yang diketuai oleh Kabid Penyuluhan Sinar, Kabid Sapras BPK Jekri  dan Kasi Sapras, Kasi Penyuluh, penyuluh serta petani tembakau yang berjumlah seluruhnya 21 orang itu berkunjung ke Lambar dalam rangka mempelajari pengelolaan tembakau serta kopi yang ada di Kabupaten Lambar, sekaligus melakukan diskusi terkait upaya peningkatan produksi dan mutu kopi robusta Lampung Barat. (lus/mlo)



Pos terkait