Dalam Tiga Pekan, Positif Covid-19 di Lampura Tembus 140 Kasus

  • Whatsapp
Kabid Pencegahan dan Penyebaran Penyakit (P2) Dinkes Lampura, dr. Dian Mauli

Medialampung.co.id – Menginjak pekan ketiga Mei 2021, angka penyebaran Covid-19 di Kabupaten Lampung Utara (Lampura), telah menembus lebih dari 140 orang.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Lampura, yang diterima sampai dengan Selasa, 18 Mei 2021, angka penyebaran Covid-19 telah menyentuh ke angka 1.570 orang. 

Bacaan Lainnya


Dengan kata lain, terdapat 145 orang penambahan kasus baru sejak Sabtu, 1 Mei 2021, sampai dengan saat ini. Dan angka kenaikkan angka harian tertinggi pernah sampai kepada 41 orang, tepatnya pada, Minggu, 2 Mei 2021 lalu.

Meski pemerintah daerah telah menetapkan aturan pembatasan mikro (PPKM), dan program vaksinasi pun dijalankan di Kabupaten Lampura. 

Namun tak mengurangi angka kenaikkan harian penyebaran corona, hingga membutuhkan kedisiplinan dari seluruh elemen masyarakat untuk memutus mata rantai penyebarannya.

Kabid Pencegahan dan Penyebaran Penyakit (P2) Dinkes Lampura, dr. Dian Mauli mengatakan, angka penyebaran Covid-19 pasca lebaran Idul Fitri mulai ada peningkatan yang signifikan.

“Perlu diingatkan kepada semua, untuk tetap disiplin jalankan protokol kesehatan karena itu satu-satu kunci memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” kata dr. Dian Mauli, Selasa (18/5).

Menurutnya, berdasarkan data diterima dari pemerintah Provinsi Lampung, sampai dengan hari ini ada 5 penambahan kasus baru di Kabupaten Lampura.

Keseluruhannya, kata Mauli, orang dengan gejala memiliki kerentanan (suspect), tersebar di beberapa kecamatan.

“Pertama datang dari Kecamatan Kotabumi, tepatnya di kelurahan Rejosari dengan inisial warga Re pria berumur 62 tahun, lalu di Kecamatan Abung Selatan asal Desa Kemalo Abung bayi laki-laki (BTH) usia 9 bulan. Di Kecamatan Abung Barat, tepatnya Desa Way Wakak, ada pria 70 tahun (A), wanita 46 tahun (SM) asal Desa Mulyo Rejo I, Kecamatan Bunga Mayang,” terangnya.

Selanjutnya, kata dia, di Kecamatan Kotabumi Selatan, tepatnya Kelurahan Tanjung Harapan ada wanita berumur 60 tahun diketahui positif berdasarkan hasil swab testnya. 

“Untuk masalah zonasi desa/kelurahan terhadap penyebaran covid, masih ada 1 kelurahan Zona orange yakni Bukit Kemuning, Kecamatan Bukit Kemuning. Serta masih ada satu kelurahan dan sembilan desa zona kuning,” pungkasnya.

Sebelumnya, penyebaran covid-19 di Kabupaten Lampura menyisakan satu zona orange sampai dengan, Sabtu, 15 Mei 2021, dari 247 desa/kelurahan.

Setelah sebelumnya, terdapat lebih dari 5 desa/kelurahan di lima kecamatan berstatus zona merah, zona orange (9); dan zona kuning (35). (adk/ozy/mlo)




Pos terkait