Dalam Waktu Dekat, RSUDAU Bisa Layani Swab 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Rumah Sakit Umum Daerah Alimuddin Umar (RSUDAU) Kabupaten Lampung Barat, dalam waktu dekat sudah bisa melayani Swab atau pengambilan sampel spesimen lendir di saluran pernapasan sekaligus diuji di laboratorium untuk mendeteksi terinfeksi atau tidaknya seseorang Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). 

Direktur RSUDAU dr. Widyatmoko Kurniawan, Sp. B., mengungkapkan,  pihaknya sejak lama memiliki Mesin Tes Cepat Molekuler (TCM) untuk pemeriksaan Tuberkulosis (TBC), alat tersebut banyak digunakan untuk pemeriksaan Swab. 

Bacaan Lainnya



“Planning kami dalam waktu dekat ini sudah bisa melakukan Swab, kami sudah memiliki alat TCM, dalam kondisi Pandemi Covid-19 alat tersebut digunakan oleh Amerika untuk melakukan Swab, dan itu yang akan kami lakukan,” ungkap Wawan—sapaan Widyatmoko Kurniawan saat hearing dengan Komisi III DPRD Lambar, Senin (6/7). 

Dalam pengoperasian TCM untuk Swab, kata dia, diperlukan alat tambahan, dan saat ini sudah dilakukan pemesanan, dan diperkirakan Rabu (8/7) alat tersebut tiba di RSUDAU dan akan dipersiapkan untuk dioperasikan. 

“Insha Allah hari Rabu alat tambahan tiba, jadi langsung kita siapkan, sehingga dalam waktu dekat ini pemeriksaan Swab bisa kita lakukan, jadi tidak lagi perlu mengirim sampel ke Palembang atau Bandarlampung seperti sebelumnya, terlebih kita merupakan rumah sakit rujukan Covid-19 jadi kita bisa melayani dari beberapa daerah terdekat,” ujar Wawan. 

Hanya saja yang masih menjadi salah satu kendala adalah minimnya ventilator dimana pihaknya hanya memiliki empat unit, dengan ditempatkan di ICU dan NICU, sehingga pihaknya kembali mengusulkan untuk penambahan bersumber Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2021.

“Secara klinis empat unit itu tidak ideal, karena disamping itu kita punya isolasi, kita sementara ada pasien ICU, pasien NICU apabila secara bersamaan maka akan menjadi kendala, sehingga kami ajukan untuk penambahan dari DAK,” tutupnya. (nop/mlo)



Pos terkait