Dampak Covid-19, Dishub Tidak Lakukan Pemeriksaan Laik Kendaraan Lebaran

  • Whatsapp
Kabid Angkutan dan Keselamatan Lalu Lintas Tamrin, S.E

Medialampung.co.id – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Lambar tahun ini tidak melaksanakan pemeriksaan kelaikan kendaraan angkutan penumpang dan barang (Ramp Check) serta pemasangan stiker pada kendaraan menjelang hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah. Hal itu akibat adanya dampak virus corona (Covid-19).

“Kita tidak memantau dan melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan angkutan  penumpang serta barang dan  memasang stiker pada kendaraan yang laik jalan menjelang hari raya Idul fitri.  Mestinya kegiatan itu kita laksanakan H-10 hari lebaran namun karena adanya dampak Covid-19, jadi tidak dilaksanakan” kata   Kabid Angkutan dan Keselamatan Lalu Lintas Tamrin, S.E., mendampingi Kepala Dishub Lambar Hi. Jaimin, S.I.P, kemarin.

Bacaan Lainnya



Dengan tidak dilaksanakannya pemantauan dan pemeriksaan angkutan penumpang dan barang tersebut, kata Tamrin, pihaknya tidak mengetahui berapa jumlah kendaraan yang laik jalan selama lebaran. 

“Biasanya-kan kalau kendaraan laik jalan akan ketahuan setelah dilakukan pemasangan stiker namun tahun ini tidak ada pemasangan stiker jadi jumlahnya tidak terpantau,” akunya.

Kata dia, manfaat  kegiatan Ramp Check yaitu terwujudnya peningkatan pelayanan angkutan yang optimal, melakukan cek ulang kondisi kendaraan angkutan , memastikan kondisi pengemudi bus AKAP dan AKDP dalam kondisi prima agar tidak membahayakan penumpang. Sedangkan sasaran kendaraan Ramp Check  meliputi bus AKAP, bus AKDP, bus pariwisata, serta minibus travel.    

“Biasanya kita melakukan pemeriksaan kendaraan meliputi ban, wifer, spido meter, rem, klakson, lampu, bodi kendaraan dan dokumen kendaraan. Namun saat ini kita tidak melakukan pemeriksaan karena dampak pandemi Covid-19,” akunya. (lusi/mlo)



Pos terkait