Dampak Negatif Bermain Hp Terlalu Lama Bagi Anak

  • Whatsapp
Foto: Ilustrasi/Net

Terganggunya Penglihatan

Mungkin ini dampak negatif yang paling banyak diketahui jika bermain Hp terlalu lama. Melihat layar smartphone terlalu lama bisa bisa mengakibatkan penglihatan terganggu, yang dalam dunia kedokteran disebut Computer Vision Syndrome (CVS). Beberapa ahli mengatakan bahwa 37% pengguna smartphone menghabiskan minimal 9 jam untuk melihat smartphone mereka.

Bacaan Lainnya

7 dari 10 orang melaporkan bahwa mengalami ketegangan mata seperti mata kering, iritasi, kemerahan, dan bahkan sakit kepala yang berkepanjangan, kelelahan serta rabun dekat. Selain itu, main smartphone dalam waktu lama juga akan membuat mata cepat lelah sehingga terlihat sembab dan menyebabkan pusing.

Kelainan Postur Tubuh

Sebagian besar pengguna smartphone menundukkan kepala ketika membuka handphonenya. Karena terlalu fokus, tanpa disadari posisi membungkuk tersebut dapat menyebabkan gangguan kesehatan Ketika Kamu menunduk, tepatnya pada sudut 60 derajat untuk melihat smartphone, itu sama saja dengan memberatkan kepala 6x lipat.

Hasil penilitian ini dilakukan Kenneth Hansraj, M.D., Chief of Spine Surgery di New York Spine Surgery and Rehabilitation. Apabila terlalu sering melakukannya, bukan tidak mungkin tulang punggung Kamu akan menjadi bungkuk sehingga postur tubuh tidak sama seperti yang dulu lagi.

Menyebabkan Penuaan Dini

Sejumlah dermatologi sepakat jika terlalu sering menggunakan smartphone dan tablet bisa menyebabkan penuaan dini. Hal ini disebabkan karena saat Kamu menunduk ke bawah maka akan berpengaruh terhadap gaya gravitasi yang bisa sebabkan daya elastisitas kulit hilang secara perlahan. Akibatnya Kamu bisa mengalami kulit keriput dan kendur di bagian rahang dan juga leher karena sering terlalu lama bermain smartphone sambil menunduk.

Bermain Hp memang tidak dilarang apalagi ada banyak hal positif yang bisa dilakukan dengan smartphone, namun jika digunakan terlalu sering, tentu akan membawa dampak negatif bagi diri sendiri karena pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. (kabargames/mlo)




Pos terkait