Dampak Pandemi, Anak-Anak Kecanduan Game Online

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pandemi corona yang tidak kunjung berakhir, kegiatan belajar mengajar pun masih dilaksanakan secara daring.

Sembari menunggu guru mereka mengirim pelajaran secara daring, para pelajar jadi keranjingan bermain game online.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pantauan wartawan, terlihat kalangan anak-anak sampai remaja yang nongkrong di gardu ataupun di teras-teras rumah untuk bermain games bersama.

Mirisnya Kalangan Remaja dan anak-anak ini ternyata sekelompok para pelajar yang dimulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). 

Salah seorang Warga setempat, Samsuri (34) mengatakan, bahwa hal ini marak terjadi pasca ditetapkannya belajar daring, aktivitas anak-anak lebih banyak di rumah sehingga mereka membentuk perkumpulan untuk bermain game bersama. 

“Memang saya lihat bahwa kondisi ini meningkat pasca ditetapkannya pembelajaran dari rumah melalui Daring, sehingga anak-anak ini lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain bersama kawan-kawannya, contohnya game online ini,” tutur Samsuri.

Lanjut Samsuri, anaknya yang duduk di tingkat Sekolah Dasar juga telah aktif bermain game online sehingga dia khawatir untuk kesehatan anaknya. 

“Anak saya juga biasanya saat bermain game online ini hingga lupa makan dan lupa waktu, sebenarnya sudah beberapa kali saya ingatkan untuk mengarahkan serta mendidiknya supaya tidak kecanduan. namun nampaknya sudah menjadi suatu kebiasaannya yang sulit diatasi,” ungkap Samsuri 

Terpisah, hal yang senada disampaikan oleh Jaulani, dirinya mengeluh akibat pengeluarannya lebih besar, jika dibandingkan dengan jajan sekolah anaknya ketika tidak pandemi lebih besarlah pembiayaan untuk paket internet anaknya sewaktu belajar di rumah. 

“Jika saya hitung-hitungan antara jajan anak saya sekolah sama diam dirumah aja, disebabkan pandemi ini, lebih besar di rumah aja karena harus membeli paket internet yang didesak oleh anak, kalau tidak dibelikan saya tidak tahan dia nangis,” keluhnya.(wk1/mlo)




Pos terkait